4 Hari Kebakaran di Eks TPA Panembong Belum Bisa Dipadamkan
Petugas berusaha memadamkan kebakaran yang terjadi di lahan eks TPA Panembong di Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. (ANTARA)

Bagikan:

SUBANG - Petugas masih berusaha memadamkan kebakaran yang dalam beberapa hari terakhir terjadi di lahan eks Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Panembong, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

"Kebakaran sudah berlangsung selama empat hari, dan kini kami bersama instansi lain masih berupaya memadamkan api yang membakar lahan eks TPA Panembong itu," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Subang Udin Jazudin saat dihubungi ANTARA, Kamis 10 Agustus.

Ia menyampaikan bahwa kebakaran yang meliputi lahan yang berada di Kampung Caringin, Kelurahan Parung, Kecamatan Subang, tersebut menjadi besar karena angin sedang cukup kencang.

Menurut dia, lahan eks TPA Panembong terbakar sekarang sudah mencapai sekitar enam hektare.

Petugas pemadam kebakaran bersama personel BPBD, Palang Merah Indonesia, Taruna Siaga Bencana, dan instansi terkait lain berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di lahan tersebut dan mencegah kebakaran meluas ke areal perkebunan warga.

Guna mendukung upaya pemadaman kebakaran lahan, Pemerintah Kabupaten Subang mengoperasikan seluruh mobil pemadam kebakaran dan menurunkan sejumlah mobil tangki air.

Penyebab kebakaran di lahan eks TPA Panembong belum diketahui pasti.

Udin mengimbau warga meningkatkan kewaspadaan dan tidak melakukan tindakan yang dapat memicu kebakaran selama musim kemarau.

"Kami mengimbau agar masyarakat hati-hati dan waspada seperti tidak membuang puntung rokok sembarangan. Kami juga menyampaikan agar untuk sementara ini masyarakat tidak melakukan bakar-bakaran lahan, karena sangat rawan," katanya.