Kebakaran TPA Bakung  Lampung Dilaporkan Terus Meluas
Kebakaran TPA) Sampah Bakung (Dok. ANTARA)

Bagikan:

BANDAR LAMPUNG - Kebakaran lahan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Bakung dilaporkan terus meluas, setelah sempat berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran pada Sabtu dini hari. Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bandarlampung Anthoni Irawan, Sabtu, 14 Oktober.

"Api yang membakar tumpukan sampah di TPA Bakung kini meluas menjadi sekitar tiga hektare," kata Anthoni, seperti dikutip ANTARA.

Dia menjelaskan bahwa kebakaran di TPA sampah Bakung terjadi sejak Jumat (13/10) pukul 17.50 WIB sebagaimana laporan warga yang masuk ke Dinas Pemadam Kebakaran dan api sudah sempat berhasil dipadamkan oleh petugas pada Sabtu sekitar pukul 02.00 WIB dini hari.

"Sabtu dini hari pukul 02.00 WIB kami berhasil memadamkan api yang membakar sekitar 1,2 hektare lahan tumpukan sampah di TPA," ucapnya.

Namun, lanjutnya, pada pagi hari api kembali muncul dan langsung cepat membesar, bahkan meluas ke titik lainnya di TPA Bakung dan diperkirakan saat ini telah membakar kurang lebih tiga hektare tumpukan sampah di sana.

"Kurang lebih sudah tiga hektare pokok lahan TPA yang terbakar, tapi memang belum sampai ke permukiman warga," kata Anthoni.

Ia mengungkapkan saat ini puluhan personel lengkap dengan armada telah dikerahkan dan sedang berupaya memadamkan titik-titik api di TPA Bakung.

"Saat ini puluhan personel masih terus berupaya memadamkan api di TPA Bakung. Kami harap kebakaran secepatnya dapat dipadamkan agar tidak sampai ke permukiman warga dan bukit yang ada di dekat lokasi," ujar Anthoni Irawan.