Anies Baswedan Ziarah ke Makam Ulama di Jombang
Anies Baswedan saat ziarah makam di ulama Jombang, Jawa Timur, Kamis (31/8/2023). ANTARA/HO-panitia

Bagikan:

JOMBANG - Bakal calon presiden Anies Baswedan berziarah ke makam sejumlah ulama di Jombang, Jawa Timur, serta bertemu dengan ibunda Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Anies mengatakan kunjungannya ini untuk berziarah merupakan ikhtiar meneladani perjuangan para ulama.

"Kami ziarah berharap meneruskan apa yang telah menjadi jasa dalam perjuangan ulama, umat dan bangsa," katanya saat berziarah di Jombang dilansir ANTARA, Kamis, 31 Agustus.

Ziarah yang dilakukan Anies antara lain ke makam di Pesantren Tebuireng, makam di Rejoso, Tambakberas hingga Denanyar.

Yang dikunjungi yakni makam pendiri NU K.H. Hasyim Asy'ari di Tebuireng, K.H. Bisri Syamsuri di Denanyar, kemudian makam K.H. Muhammad Iskandar ayah dari Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar hingga Kiai Ahmad Yusuf Cholil, yang merupakan ayah dari Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf.

Di Pesantren Tebuireng, Anies disambut pengasuh K.H. Abdul Hakim Mahfudz atau Gus Kikin. Setelah singgah di ndalem kasepuhan, Anies dan rombongan ke makam di kawasan pesantren tersebut.

Di Pesantren Denanyar, Anies disambut pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif (PPMM) Denanyar, Jombang, K.H. Abdussalam Shohib (Gus Salam).

Rombongan kemudian ziarah ke makam K.H. Bisri Syamsuri di area pesantren tersebut.

Anies kemudian bersama-sama mengadakan pertemuan di rumah kasepuhan Pondok Denanyar, tempat kelahiran K.H. Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Turut hadir dalam pertemuan tersebut adalah cucu dari K.H Bisri, yaitu Nyai Latifah Shohib dan Mu’linah Shohib.

Ia juga silaturahmi ke rumah ibunda Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar di Jombang. Namun, tidak nampak Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar saat kunjungannya tersebut.

Hanya ada sejumlah kader PKB yang juga mendampingi saat silaturahmi dan ziarah. Dirinya juga sempat menemui relawannya di Jombang.

Anies mengaku kunjungannya ini memang ingin ziarah. Ia bersyukur bisa ziarah ke sejumlah makam ulama di Jombang tersebut.

Disinggung soal pembicaraan politik saat ke Jombang, termasuk komunikasi dengan PKB, Anies mengaku sudah komunikasi dengan ketua seluruh partai politik.

"Komunikasi dengan semua. Saya bersyukur di Jombang ini bisa ziarah ke tokoh utama di Jombang," kata dia.

Sementara itu, Pengasuh PPMM Denanyar, K.H. Abdussalam Shohib mengatakan dalam pertemuan dengan Anies Baswedan tidak membicarakan soal politik.

Dalam silaturahmi itu, dirinya menceritakan yang paling senior di Denanyar adalah Nyai Muhasonah, ibunda Cak Imin.

"Pak Anies mengunjungi Bu Nyai Muhasonah untuk memohon doa dan restu," kata Gus Salam.