Jokowi Targetkan Investasi Masuk ke Indonesia Capai Rp900 Triliun di 2021, Luhut: Tak Sulit lah Itu
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. (Foto: Kemenko Marves)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan optimistis target investasi yang dinaikkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Rp900 triliun pada tahun ini akan tercapai.

Sikap optimis Luhut ini berangkat dari realisasi investasi di tahun 2020 yang sudah mencapai angka Rp826 triliun. Sehingga, menurut dia, untuk memenuhi target yang dipasang Jokowi tidak terlalu sulit.

"Jadi, kalau Anda tanya 2021, apakah ini nanti bisa (capai target investasi) Rp 900 triliun? Saya kira tidak hal terlalu sulit untuk menambah Rp70 triliun. Saya pikir ini angka sangat realistis untuk dicapai," katanya, dalam acara Dialog Special: Tantangan dan Optimisme Investasi 2021, Jakarta, Rabu, 3 Februari.

Kata Luhut, target investasi ini pun dinilai realistis meskipun saat ini perekonomian Indonesia mengalami perlambatan akibat pandemi COVID-19. Salah satunya berkat program hilirisasi yang dilakukan pemerintah sejak enam tahun lalu akan memberikan dampak yang besar bagi Indonesia saat ini.

Buktinya, kata dia, Indonesia sedang melakukan finalisasi perjanjian dengan beberapa perusahaan asing. Seperti perusahaan steel asal China Tsingshan dan China’s Contemporary Amperex Technology (CATL) dengan Freeport akan menandatangani kerja sama.

Adanya kesepakatan tersebut, Luhut memastikan untuk tiga tahun kedepan nilai investasi bisa mencapai hingga 30 miliar dolar AS.

"Bisa itu sangat bisa (tercapai target investasi yang dinaikkan Jokowi). Kemudian, CATL sudah signing 10 miliar dolar AS, dan juga nanti Tsingshan dengan Freeport akan sign 2,8 miliar dolar AS (Rp39 triliun) untuk smelter," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengungkapkan dirinya diminta oleh Presiden Jokowi agar realisasi investasi pada 2021 ini bisa menembus Rp900 triliun. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari target realisasi investasi 2021 sebesar Rp855,8 triliun.

"Target 2021 kalau di Bappenas itu Rp856 triliun, tapi dalam beberapa kesempatan Bapak Presiden perintahkan harus Rp900 triliun," kata Bahlil.