Sudah Pontang-panting, Riza Berharap Jakarta Tidak Banjir Besar
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Foto: Diah Ayu Wardani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya terus melakukan upaya pencegahan bencana bajir di musim hujan tahun ini. Semua cara sudah dilakukan DKI Jakarta.

"Kami sudah mengupayakan berbagai upaya mulai dari program program kegiatan daripada pompa, polder, kemudian pengerukan, meningkatkan daya tampungan air terkait sungai, kali, waduk, situ, embung, dan juga selokan got juga kami terus lakukan pembersihan, pengerukan," kata Riza kepada wartawan, Jakarta, Rabu, 3 Februari.

Kemudian, kata dia, pihaknya juga membuat terobosan lain. Yanki menyiapkan sumur resapan drainase vertikal, kemudian juga menyiapkan terobosan-terobosan codetan di beberapa tempat di setiap wilayah. 

"Di samping itu juga untuk mempercepat genangan air agar segera turun kami juga menyiapkan olakan olakan ya di daerah daerah pinggir jalan," kata dia.

Dia mencontohkan. "Seperti kemarin yang saya tinjau di Kelapa Gading. Hampir di semua wilayah kita buat terobosan terobosan dalam rangka mempercepat turunnya genangan air dan mempercepat mengalirnya air ke sungai kemudian ke laut," kata dia.

Dengan langkah-langkah ini, dia berharap bencana banjir tidak akan melanda Jakarta. Apalagi saat ini berbarengan dengan pandemi COVID-19.

"Mudah mudahan, Alhamdulillah, sampai hari ini sudah tanggal 3 Februari, mudah mudahan seperti periode yang lalu kita lihat, di awal tahun akhir tahun banjir mencapai puncaknya. Sampai hari ini mudah mudahan Jakarta masih cukup baik dengan pengendaliannya yang kita harapkan terus ke depan tidak ada banjir yang besar," kata dia.