Bagikan:

OKU - Aparat Kepolisian Resor Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan memburu pelaku pungutan liar (pungli) terhadap sopir angkutan barang di Jalan Lintas Sumatra (Jalinsum) wilayah Kecamatan Semidang Aji, Kabupaten OKU yang viral di media sosial.

Kapolres OKU AKBP Arif Harsono mengatakan, aksi pungli itu terjadi di Jalinsum Desa Seleman, Kecamatan Semidang Aji pada Sabtu, 26 Agustus sore.

Pemalakan yang dilakukan sekitar tiga orang tersebut beredar di media sosial dan berasal dari rekaman video sopir angkutan korban pungli. 

Dalam video berdurasi 35 detik tersebut memperlihatkan beberapa orang pelaku melakukan aksi pemalakan dan pelemparan batu terhadap sopir angkutan barang di jalan raya.

"Aksi pemalakan ini pun dilaporkan masyarakat sekitar di nomor bantuan polisi Polres OKU," katanya di Baturaja, Antara, Senin, 28 Agustus. 

Mendapat laporan tersebut pihaknya langsung ke lokasi kejadian perkara dan membentuk tim khusus untuk memburu pelaku. Namun sayangnya saat petugas ke lokasi para pelaku melarikan diri sehingga menjadi buruan petugas untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Kami akan tindak tegas dan melakukan penyelidikan. Lalu menangkap para pelaku bila terbukti melakukan pemalakan dan pelemparan batu,” tegasnya.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan melintas di daerah tersebut, pihaknya akan memberikan pengamanan secara gabungan yang dilakukan pihak Polsek Semidang Aji dan didukung oleh personel Polres OKU.

Hal itu dilakukan guna mencegah kejadian serupa serta meminimalisir tindak kejahatan pungli yang sering terjadi di daerah tersebut.