Penyelundupan Ganja 5,6 Kg dari Perairan Jayapura ke Manokwari Digagalkan Polisi
Polda Papua Barat menggagalkan penyelundupan ganja 5,6 kilogram dari Jayapura ke Manokwari. (ANTARA/HO-Humas Polda Papua Barat)

Bagikan:

PAPUA - Polisi menggagalkan penyelundupan ganja kering seberat 5,6 kilogram dari Jayapura, Provinsi Papua ke Manokwari di Papua Barat. Pelaku penyelundupan lewat jalur laut berinisial IP diamankan.

"Pelaku sudah diamankan Kamis (24 Agustus) sore saat tiba di Pelabuhan Manokwari," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Komisaris Besar Polisi Adam Erwindi di Manokwari, Jumat 25 Agustus, disitat Antara.

Ia menjelaskan, Tim Opsnal Narkoba Unit 3 Polda Papua Barat mendapatkan informasi terkait upaya penyelundupan ganja dari masyarakat.

Kepolisian langsung bergerak menuju pelabuhan sebelum kapal yang ditumpangi pelaku tiba di Pelabuhan Manokwari.

"Setelah menerima informasi peredaran gelap narkoba, Tim Opsnal langsung bergerak," jelas Adam Erwindi.

Ia menuturkan pelaku tiba di Pelabuhan Manokwari menggunakan KM Ciremai sekira pukul 18.00 WIT, dan langsung ditahan oleh aparat kepolisian.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ditemukan narkoba jenis ganja yang disimpan pelaku dalam tiga tas.

"Ada dua bal aluminium dan 202 plastik bening berisi ganja kering siap edar," ujar Adam Erwindi.

Saat ini, kata dia, pelaku sudah diamankan di Rumah Tahanan Polda Papua Barat untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

Kepolisian terus melakukan pengembangan agar kasus penyelundupan ganja 5,6 kilogram dari Jayapura bisa terungkap dengan tuntas.

"Pelaku sudah ditahan di Rutan Polda supaya pemeriksaan berjalan lancar," ujar Adam.