Pantau Penanganan Kelaparan di Kabupaten Puncak, Menko PMK Putuskan akan Berkantor di Papua
Menko PMK Muhadjir Effendy (kedua dari kanan). (dok. BPKP)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy akan berkantor di Papua awal September 2023.

Muhadjir bakal mengecek proses penanganan bencana kelaparan di tiga distrik Kabupaten Puncak di Papua Tengah. Termasuk memantau pembangunan gudang logistik.

"Mau mengecek, khususnya pembangunan bidang logistik di Agandugume, yang kemarin ada kelaparan," kata Muhadjir di Jakarta, Kamis 24 Agustus, disitat Antara.

Muhadjir berencana bertolak ke Papua Tengah pada 1 September. Kemudian, akan bergabung bersama Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin yang juga akan berkantor sementara di Papua pada 3 September.

Namun sebelum mendampingi Wapres,

Muhadjir akan melihat bagaimana distribusi bahan pangan, khususnya untuk tiga distrik terdampak bencana kekeringan dan kelaparan di Distrik Lambewi, Agandugume dan Oneri.

Pembangunan gudang logistik ini juga sebagai upaya pemerintah dalam mengantisipasi krisis pangan berujung tewasnya warga akibat kelaparan di tiga distrik Kabupaten Puncak. Nantinya, gudang logistik akan diisi umbi-umbian yang menjadi makanan pokok masyarakat Papua.

uhadjir belum bisa memastikan sampai kapan ia berkantor di Papua. Masa tinggal di sana akan tergantung dengan berbagai urusan di Jakarta.

"Berkantor itu bisa tiga hari, bisa dua hari, bisa setengah hari. Relatif, kalau melihat masalahnya nanti bisa diselesaikan secepatnya kenapa harus berlama-lama di sana, kan ada urusan lain yang harus diselesaikan," katanya.

Sebelumnya Wapres Ma’ruf Amin akan berkantor di Papua pada awal September 2023 mendatang bersama sejumlah menteri dan Panglima TNI untuk mempercepat upaya pembangunan di sana dan juga menyelesaikan persoalan yang dihadapi pemerintah daerah.

Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi mengatakan, dalam kunjungan Wapres ke Papua beberapa waktu lalu, banyak persoalan yang dilaporkan belum selesai, sehingga di Papua nanti Wapres akan menggelar sejumlah rapat penting, salah satunya mendengar aspirasi para pelaksana tugas gubernur dan bupati.

Deputi Sekretariat Wapres Bidang Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Wanggai menambahkan, pada kunjungan nanti wapres bersama para menteri dan pemda akan mencari solusi untuk memadukan pendekatan kesejahteraan dengan pendekatan keamanan yang efektif di Tanah Papua.

Wapres juga akan berkunjung ke Biak untuk penanganan sanitasi dan persiapan Sail Teluk Cenderawasih.