Kebakaran Hebat di Yunana: Sejumlah Pabrik Musnah, Warga di Permukiman Evakuasi
Api berkobar saat kebakaran hutan terjadi di dekat desa Malona di pulau Rhodes, Yunani, Senin (24/7/2023) ANTARA FOTO

Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran terus mendatangkan malapetaka mengancam sejumlah wilayah pinggiran utara ibukota Athena.

Kebakaran yang terjadi Selasa siang di kota Fyli sekitar 25 km dari pusat kota Athena masih terus berlangsung, tak terkendali dan meluas ke berbagai arah sehingga memicu evakuasi di banyak permukiman di wilayah itu. 

Laporan dari stasiun televisi ERT, api mendekati Gunung Parnitha yang menjadi pangkalan radar Angkatan Udara Yunani. Di kota Aspropyrgos yang berjarak 16 km arah barat laut Athena dan pusat kawasan industri, kebakaran memusnahkan atau merusakkan sejumlah pabrik.

Kebakaran itu juga memaksa penduduk di tiga daerah pemukiman diungsikan, dan membuat perjalanan kereta api di beberapa bagian menjadi tertunda.

Di kota pelabuhan Alexandroupoli, dilansir dari Anadolu via Antara, kebakaran sudah memasuki hari keempat.

Puluhan permukiman dan rumah sakit mengeluarkan perintah evakuasi. Berbagai langkah sudah diambil untuk mengevakuasi secara mandiri di kota itu jika diharuskan.

Sementara itu, Juru Bicara Dinas Kebakaran Nasional Yiannis Artophios mengungkapkan, 93 kebakaran terjadi dalam waktu 24 jam, namun sebagian besar sudah bisa ditangani secara dini.

Dia menambahkan bahwa akan ada bantuan lebih banyak lagi dari Uni Eropa dalam kerangka Mekanisme Perlindungan Sipil yang akan segera tiba di negara ini.

Ini termasuk bantuan pesawat pemadam kebakaran, mesin pemadam kebakaran, dan petugas pemadam, tambah Yiannis.

Dalam perkembangan lain, divisi meteorologi Observatorium Nasional Athena mengumumkan  161.874 hektar kawasan hutan di seluruh negeri musnah dilalap api,  dari 19 sampai 21 Agustus.