Menkominfo Budi Arie Setiadi Sempatkan Temui Pelajar dan Perwakilan Startup dari Indonesia di Sela-sela DEMM G20 India
Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi. (Foto: Dok. Kementerian Kominfo)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi menemui pelajar dan para perwakilan startup (perusahaan rintisan) dari Indonesia untuk membahas dinamika, langkah pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia di sela-sela Digital Economy Ministers Meeting G20 India.

Pada pertemuan itu, Menkominfo Budi tidak lupa mengajak para pelajar tingkat tinggi yang tengah berkuliah di India khususnya di bidang teknologi untuk kembali ke Tanah Air sehingga bisa menyukseskan program akselerasi transformasi digital nasional.

“Setelah selesai pendidikan, pulanglah kembali ke Indonesia nantinya. Buat teman-teman yang mendapatkan beasiswa Kominfo, harus lulus tepat waktu, semangat terus kembali ke Indonesia. Tularkan ilmu yang sudah kalian dapat di India,” kata Budi berpesan kepada para pelajar, dikutip dari Antara, Minggu 20 Agustus.

Kepada para mahasiswa, Menkominfo Budi membagikan informasi bahwa saat ini Pemerintah Indonesia terus berupaya mempercepat pemerataan pembangunan infrastruktur telekomunikasi guna memperkecil kesenjangan digital. Selain membangun infrastruktur digital, Kemenkominfo terus mencetak talenta digital untuk memajukan kedaulatan digital bangsa salah satunya lewat pemberian beasiswa, khususnya untuk bidang terkait digitalisasi dan pemanfaatan digital.

Menkominfo berharap Indonesia bisa memiliki talenta-talenta muda dengan keahlian di bidang teknologi sehingga dapat membawa perubahan positif sekaligus mendukung perwujudan Visi Indonesia Maju 2045.

Menkominfo juga mengadakan pertemuan dengan para perwakilan perusahaan rintisan Indonesia yang juga berpartisipasi dalam acara pendukung G20 India, yaitu G20 Digital Innovation Alliance (DIA) 2023.

Acara yang merupakan keberlanjutan dari G20 Digital Innovation Network (DIN) yang diinisiasi Indonesia pada 2022 itu memberikan ruang kepada pelaku industri startup untuk bisa membangun jejaring dan mengenalkan inovasi-nya kepada masyarakat luas.

“Saya lihat ada beberapa teman startups yang jauh-jauh datang dari Indonesia untuk mengikuti G20 Digital Innovation Alliance. Saya berharap teman-teman dapat menunjukkan kemajuan Indonesia dalam pengembangan teknologi digital sekaligus unjuk kebolehan pemecahan masalah dengan solusi berbasis teknologi digital,” kata Budi.