Riau Terima 2 Helikopter Water Bombing dari BNPB 
Dua unit helikopter water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Riau.Antara/HO-Humas BPBD Riau.

Bagikan:

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau menerima sebanyak dua unit helikopter water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di daerah itu.

"Kedua unit helikopter water bombing dari BNPB itu, yakni jenis Sikorsky dan Superpum dan sudah siaga tujuh helikopter dan dua di antaranya helikopter patroli siaga di Riau menghadapi karhutla seluruhnya dari BNPB," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal, dikutip ANTARA, Rabu, 16 Agustus.

Edy Afrizal mengatakan sebanyak tujuh helikopter water bombing dan helikopter patroli yang siaga di Bumi Lancang Kuning tersebut seluruhnya bantuan dari BNPB.

Sedangkan helikopter bantuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sudah dikembalikan.

Dengan adanya tambahan dua helikopter water bombing dari BNPB itu, maka akan menambah kekuatan dalam upaya pengendalian karhutla di Provinsi Riau.

"Keberadaan helikopter water bombing itu telah menambah semangat teman-teman tim Satgas Karhutla Riau, sehingga jika ada kejadian kebakaran maka petugas dengan heli segera memadamkan karhutla sebelum api meluas terutama pada kawasan yang sulit terjangkau," katanya.