Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berpesan agar kepala desa (kades) di Magelang untuk selalu bekerja maksimal melayani masyarakat. Mereka juga diminta selalu menjaga integritas.

Hal ini disampaikan Ganjar saat berpamitan dengan kepala desa, lurah, dan camat se-Kabupaten Magelang di acara saresehan yang digelar di Pendopo Magelang, Jawa Tengah. Dia mengingatkan program yang baik harus diteruskan. 

“Tetap layani masyarakat, jaga integritas dan kerja baik teman-teman semuanya. Semoga gubernur dan wakil gubernur Jateng pengganti saya dan Gus Yasin lebih baik dan lebih bisa memajukan Jateng,” kata Ganjar, Selasa, 15 Agustus.

Sejumlah kepala desa yang ikut kegiatan tersebut merasa berat melepas kepergian Ganjar yang pensiun pada September mendatang. Sebab, dia dianggap berdedikasi dan berbeda dengan pemimpin daerah lainnya.

Salah satu yang merasa sedih dengan kepergian Ganjar adalah Kades Kaliangkrik, Magelang yaitu Nida Alhusna. Sosok berambut putih itu dinilainya orang yang visioner 

“Pak Ganjar itu beda dengan pemimpin daerah lain. Ia pemimpin visioner, memiliki visi misi jelas dan progresif serta selalu menekankan inovasi. Jateng kehilangan pemimpin visioner,” ujar Nida.

Meski ingin politikus PDIP itu kembali memimpin Jawa Tengah tapi Nida menyebut hal itu tentu tak bisa. Sehingga, dia yakin Ganjar akan mengabdi di manapun berada.

"Jadi kalau boleh ngenyang (menawar), kepengennya sih masih ada pak Ganjar. Tapi kan tidak bisa, karena terhalang regulasi. Tapi saya yakin, pak Ganjar akan tetap mengabdi pada masyarakat," katanya.

 

Kades Seloboro Salam, Sulistiyanto juga berat melepas Ganjar. Menurutnya, Ganjar adalah sosok yang cepat menyelesaikan masalah sehingga membuatnya nyaman untuk bekerja sama.

“Misalnya ada laporan warga rumahnya tidak layak huni, dilaporkan ke pak Ganjar langsung diperbaiki," ucapnya. 

Selain itu, program pembangunan infrastruktur juga dirasakan hingga desa. Jalan desa, kabupaten hingga provinsi semuanya baik.

"Kalau ada jalan rusak, dilaporkan cepet ditanggapi. Jadi senang punya pemimpin yang gercep dan selalu hadir untuk rakyat," pungkas Sulistiyono.