Bagikan:

PALANGKA RAYA - Tim Satuan Tugas Kebakaran Hutan dan Lahan (Satgas Karhutla) di Palangka Raya, Kalimantan Tengah berjibaku memadamkan karhutla seluas 1,43 hektare dengan menggunakan peralatan yang telah tersedia.

Kapolresta Palangka Raya Kombes Budi Santosa mengatakan, tim satgas memadamkan karhutla seluas 1,43 hektare itu terletak di Jalan Karya Hapakat, Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya dan personel di lapangan berjibaku dengan peralatan yang sudah disediakan.

"Jadi memang benar, kami dari Tim Satgas Karhutla beberapa saat yang lalu telah memadamkan kobaran api yang terjadi di Kelurahan Petuk Katimpun, Kecamatan Jekan Raya tepatnya di Jalan Karya Hapakat dan saat ini kondisinya sudah padam," katanya dilansir ANTARA, Kamis, 10 Agustus.

Sementara itu, personel Bhabinkamtibmas Kelurahan setempat Aida Azis Nugroho menuturkan, karhutla tersebut dapat dijinakkan.

"Atas kejadian tersebut, kami mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk tidak menjadi pelaku pada kasus karhutla. Ingat kelestarian alam adalah tanggungjawab kita bersama," bebernya.

Karhutla di Kota Palangka Raya disebut kerap terjadi. Beruntung kejadian tersebut ditangani dengan baik oleh tim Satgas Karhutla yang selama ini sigap dalam mengantisipasi terkait hal tersebut.

"Sebab kalau hal tersebut tidak diantisipasi atau dibiarkan, maka akan banyak masyarakat di daerah setempat mengalami kerugian salah satunya kerugian kesehatan, bahkan roda perekonomian masyarakat juga akan terganggu," demikian Azis Nugroho.