Bagikan:

JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo menargetkan perbaikan akses jalan di sekitar Jakarta International Stadium (JIS) selesai bulan Oktober atau sebelum pelaksanaan Piala Dunia U-17 pada 10 November mendatang.

"Pengerjaan (perbaikan jalan) sudah selesai. Kemudian (perbaikan) trotoarnya baru mulai. Mudah-mudahan di Oktober sudah selesai," kata Heru kepada wartawan, Kamis, 3 Agustus.

Terdapat dua jalan yang dilakukan perbaikan di sekitar stadion bertaraf internasional tersebut, yakni Jalan Danau Sunter Barat dan Jalan Danau Sunter Permai.

Perbaikannya berupa peningkatan jalan beton, revitalisasi trotoar, dan optimalisasi lampu penerangan jalan umum (PJU).

"Porsinya Bina Marga tahun ini mengerjakan jalannya. Jadi, jalan sunter barat itu ada peninggian jalan menjadi beton, kemudian trotoar, dan PJU. Di Jalan Sunter Permai juga begitu," urai Heru.

Secara umum, pemerintah menemukan sejumlah masalah yang bakal diperbaiki pada infrastruktur JIS. Di antaranya rumput lapangan pertandingan yang belum sesuai standar FIFA, akses yang belum memadai, akses parkir kendaraan yang masih minim, dan pintu masuk pemain.

Pada masalah akses jalan, pembenahan dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta lewat Dinas Bina Marga.

Dinas Perhubungan DKI Jakarta juga berencana menambahkan beberapa kantong parkir bagi pengunjung JIS. salah satu lokasi yang bakal diubah menjadi tempat parkir pengunjung JIS adalah lahan pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) Sunter yang berada di sisi barat JIS.

Kemudian, bakal dibangun juga jembatan penyeberangan orang (JPO) yang membentang dari kawasan Ancol timur ke JIS untuk pengunjung yang memarkirkan kendaraan pribadinya di Ancol. Di satu sisi, pemerintah juga mengebut pembangunan stasiun KRL Commuter Line JIS. Keduanya dikerjakan oleh pemerintah pusat.