Hadiri Rakernas APDESI, Prabowo Minta Kades Gotong Royong Demi Kemakmuran Indonesia
Menhan Prabowo dalam sambutannya di Rakernas APDESI yang digelar di Provinsi Jambi, Rabu 26 Juli. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) yang digelar di Provinsi Jambi, Rabu 26 Juli.

Dalam sambutannya, Menhan Prabowo menekankan kepada seluruh kepala desa (kades) sebagai pemimpin terdekat dari rakyat untuk dapat bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat.

"Kita harus bertekad menjaga kerukunan bangsa, perdamaian dan harus bertekad bekerja sama dengan seluruh elemen untuk menjadi negara Indonesia menjadi negara adil dan makmur," katanya.

Prabowo menyampaikan dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara yang makmur perlu kebersamaan, persatuan, gotong royong dan tidak ada adu domba.

Untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara makmur, lanjut dia, maka seharusnya kekayaan bangsa harus dinikmati seluruh rakyat Indonesia. Tujuan itu, kata Prabowo, membutuhkan perjuangan bersama.

Ia menjelaskan saat ini pemerintah memiliki strategi hilirisasi sehingga seluruh potensi sumber daya alam dikelola di dalam negeri agar dapat membuka peluang pekerjaan dan mensejahterakan masyarakat.

Sementara Gubernur Jambi Al Haris mengharapkan Rakernas APDESI ini dapat menghasilkan ide dan gagasan kreatif dan inovatif, untuk mendorong geliat perekonomian desa, yang selanjutnya akan meningkatkan kemajuan dan kesejahteraan desa.

"Tentu dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip keberlanjutan pembangunan, artinya dengan tetap melestarikan lingkungan," katanya.

Pada kesempatan itu Gubernur Al Haris mengatakan Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan hadir, ternyata memiliki jadwal lain, yaitu kunjungan kerja ke luar negeri. Presiden Joko Widodo diwakili oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto.

Rakernas APDESI di Provinsi Jambi berlangsung mulai 25-27 Juli 2023.

Ribuan kepala desa seluruh Indonesia hadir dan berkumpul di Balairung Universitas Jambi (Unja) Mendalo, Kabupaten Muaro Jambi.