5 Daftar Kandidat Cawapres Ganjar Lengkap dengan Profil Singkatnya
Ilustrasi Ganjar Pranowo (IST)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada lima daftar kandidat Cawapres Ganjar Pranowo yang diungkapkan oleh petinggi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Puan Maharani. Ketua DPP PDIP tersebut mengungkap sudah ada lima nama bakal cawapres yang akan mendampingi capresnya.

Daftar Kandidat Cawapres Ganjar

Penyebutan kandidat Cawapres Ganjar oleh Puan dilakukan saat ia menghadiri puncak perayaan Hari Lahir (Harlah) Ke-25 PKB di Stadion Manahan Solo pada Minggu 23 Juli. Adapun kelima sosok tersebut adalah sebagai berikut.

1. Sandiaga Salahudin Uno

Sandiaga Salahudin Uno adalah politisi sekaligus pengusaha yang lahir pada 28 Juni 1969 di Rumbai, Pekanbaru, Riau. Sandiaga memang memiliki latar belakang pendidikan di bidang bisnis. Pada tahun 1990 ia berhasil meraih gelar Bachelor of Business Administration dari Wichita State University, Kansas, Amerika Serikat (AS). Dua tahun setelahnya, ia meraih gelar Master of Business Administration.

Di bidang politik, ia pernah jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Selain itu ia juga pernah mencalonkan diri dalam pemilihan presiden mendampingi Prabowo Subianto pada tahun 2019. Saat ini ia dipercaya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)

2. Erick Thohir

Sosok Erick Thohir tidak bisa lepas dari sosok ayahnya, Mochamad Thohir. Keluarga Thohir memang dikenal sebagai pengusaha besar dari Indonesia. Citra pengusaha keluarga Thohir kemudian melekat di sosok Erick Thohir. Di bidang bisnis, Erick merupakan salah satu pendiri Mahaka Grup. Ia juga terafiliasi dengan perusahaan lain di Tanah Air.

Selain di bidang bisnis, Erick juga terlibat dalam dunia sepak bola. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Presiden Komite Olimpiade Indonesia dari 2011-2015 sebagai Chef De Mission of Indonesia Contingent for the Olympic Games London 2012.

Erick juga pernah ditunjuk sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokow-Ma’aruf Amin pada 2019. Saat ini Erick menjabat sebagai Menteri BUMN.

3. Andika Perkasa

Berbeda dari dua sosok sebelumnya, Andika Perkasa justru tidak berasal dari kalangan bisnis. Ia adalah mantan Panglima juga Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) TNI. Andika Perkasa memiliki 5 gelar titel akademik yang pernah duduk di beberapa jabatan strategis seperti Kepala Seksi Kajian Strategi Hankam Departemen Pertahanan pada 2000, sampai Kadispen TNI AD di tahun 2013.

Di bidang politik, Andika Perkasa sempat diisukan berpotensi jadi Cawapres Anies Baswedan, capres yang diusung NasDem. Namun saat ini ia menjadi juru kampanye bagi Ganjar Pranowo. Meski demikian, Andika Perkasa juga siap jadi cawapres Ganjar Pranowo.

4. Agus Harimurti Yudhoyono

Pria yang akrab disapa Agus Yudhoyono ini adalah putra putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang merupakan mantan Presiden RI ke-6. Sebelum terjun ke dunia politik, Agus Yudhoyono berkiprah di dunia militer dengan pangkat Mayor Infantri.

Saat ini Agus Yudhoyono menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat menggantikan ayahnya, SBY. Agus memang bukan orang baru di panggung politik Tanah Air. Sebelumnya ia pernah mencalonkan diri menjadi gubernur DKI Jakarta di Pilkada DKI tahun 2017. Selain itu ia juga sempat

AHY mencalonkan diri sebagai gubernur DKI Jakarta saat Pilkada DKI 2017 lalu. Di Pilpres 2024, AHY kemungkinan besar menjadi salah satu peserta. Saat ini ia disebut berpotensi menjadi cawapres Ganjar Pranowo.

5. Muhaimin Iskandar (Cak Imin)

Muhaimin Iskandar (Cak Imin) bukan sosok pebisnis dan bukan dari kalangan militer. Ia adalah politisi yang saat ini dikenal sebagai ketua Umum Kebangkitan Bangsa (PKB). Di bidang politik, kariernya mulai naik saat Era Reformasi. Ia bersama Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dan tokoh NU lain mendirikan Partai PKB.

Cak Imin mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI pada pemilu 1999. Pencalonannya sendiri berhasil. Ia juga menjadi Wakil Ketua DPR RI dua periode yakni 1999-2004 dan 2004-2009. Di kesempatan pemilu 2024 nanti, Cak Imin juga berpotensi menjadi peserta. Ia disebut berpotensi mendampingi Ganjar yang diusung PDIP.

Itulah daftar kandidat cawapres Ganjar. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.