Menko Airlangga Apresiasi Dukungan Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Kualitas Pertumbuhan Ekonomi dan Antisipasi Dampak El-Nino
Airlangga Hartarto saat usai mengahdapi Raker Apkasi di ICE BSD, Serpong Tangsel. (IST)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, memberikan apresiasi atas dukungan Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kualitas pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Data Kuartal 1 tahun 2023 menunjukkan pertumbuhan ekonomi mencapai 5,03% (yoy) dengan inflasi 3,5% (yoy) pada bulan Juni 2023. Menko Airlangga juga mengarahkan fokus pada ketahanan pangan dan penurunan angka kemiskinan ekstrem menuju target mendekati 0 pada tahun 2024.

Raker Apkasi

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan apresiasi ini dalam Rakernas Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Nusantara Hall II ICE Bumi Serpong Damai, Kamis 20 Juli. Ia menekankan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara G20 yang memiliki pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Selain itu, Menko Airlangga juga mengingatkan Pemerintah Daerah untuk bersiap menghadapi dampak El-Nino yang dapat berdampak pada produksi pangan nasional. Dalam upaya mengendalikan inflasi, penguatan konektivitas melalui pembangunan infrastruktur dan akses pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk sektor pertanian menjadi fokus.

Pada sesi tanya jawab, Menko Airlangga menegaskan pentingnya penerapan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan di daerah mereka untuk masyarakat sehingga dapat merasakan manfaat dari investasi tersebut. APKASI juga berperan membantu Pemerintah dalam berkomunikasi terkait regulasi.

Selain Airlangga Hartarto, pertemuan tersebut juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta perwakilan dari Kemenko Perekonomian dan APKASI.

Terkait