Bagikan:

JAKARTA - Proses pembangunan tanggul parapet di sisi kanan Kali Kukut yang melintasi dua RW di Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, telah mendapat dukungan dari warga setempat. Bahkan, warga selama bertahun-tahun telah menanti pembangunan tanggul parapet itu.

"Warga sangat memahami dan mendukung pekerjaan kita," kata Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Pusat, Mustajab kepada VOI di lokasi, Rabu, 12 Juli, siang.

Proses pembangunan tanggul parapet telah berlangsung selama 2 pekan lalu. Kendala proses pembangunan tanggul parapet hanya di beberapa bangunan liar berupa milik rumah warga yang terletak di bantaran Kali Krukut, tepatnya di RT 15/04 Kelurahan Karet Tengsin.

"Kita akan lakukan pembongkaran, sementara 4 rumah (dibongkar). Nanti jumlah totalnya 7 rumah. Tapi Alhamdulillah sudah satu dan dua warga memindahkan barang-barangnya. Kami dan Pak Lurah sudah siap membantu mereka pindah ke Rusun Pulogebang," ujarnya.

Sementara untuk mengantisipasi jika terjadi luapan air melalui Kali Krukut ke saluran penghubung (PHB) di lingkungan warga, petugas Sudin SDA Jakarta Pusat juga membangun pintu air di pinggir tanggul Kali Krukut

"Ketika ada banjir, ada luapan, kita tutup pintu air. Baru kita taruh pompa-pompa di dekat pintu air," ucapnya.

Proses pembangunan tanggul parapet tersebut juga mengikis beberapa rumah warga bantaran kali yang terdampak.

Lurah Karet Tengsin, Hari menambahkan, warga yang terdampak pembuatan tanggul parapet sekitat 20 jiwa dari 10 KK. Hari menyebutkan, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga setempat sejak Februari 2023.

"Sosialisasi untuk mematangkan, siapa saja warga terdampak yang membutuhkan rusun. Kita dapat Rusun untuk relokasi warga di Rusun Pulogebang. Nanti ada 5 KK yang direlokasi, karena sebagian warga telah memiliki tempat tinggal sendiri," tambahnya.

Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat membangun tanggul parapet di sepanjang Kali Krukut, Jalan Karet Pasar Baru Barat, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu, 12 Juli, siang. Pembuatan tanggul parapet untuk mengantisipasi luapan air dari Kali Krukut ketika terjadi limpasan air.