Gubernur Sumbar Mahyeldi Pastikan Betonisasi Jalan di Kampung Langgai Pesisir Selatan
Pengerjaan betonisasi jalan di Kampung Langgai, Kabupaten Pesisir Selatan. (ANTARA/Miko Elfisha)

Bagikan:

PADANG - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memperbaiki infrastruktur jalan di Kampung Langgai, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan yang masuk kategori daerah 3T (terpencil, tertinggal, terdepan).

"Kita perbaiki infrastruktur jalan tersebut secara bertahap sesuai ketersediaan anggaran," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi di Padang dilansir ANTARA, Sabtu, 1 Juli. 

Mahyeldi mengatakan, saat ini ruas jalan sepanjang 12 kilometer itu masih berupa jalan tanah dan batu koral sehingga menjadi kendala bagi masyarakat setempat yang mayoritas petani untuk membawa hasil panennya ke pasar. 

Menurutnya, status ruas jalan itu adalah jalan provinsi, karena itu perbaikannya akan menggunakan dana dari APBD Provinsi Sumbar.

Pada 2023, Pemprov Sumbar mengalokasikan anggaran Rp1 miliar untuk perbaikan jalan tersebut dengan cara betonisasi. Perbaikan difokuskan pada titik rawan dan yang mengalami rusak berat.

"Tahun depan kita tambahkan anggaran untuk melanjutkan perbaikan jalan," kata gubernur.

 

Betonisasi dipilih Pemprov Sumbar dengan alasan pengaspalan sulit dilakukan karena untuk menuju daerah itu harus melewati satu unit jembatan gantung yang tidak bisa dilewati alat berat.

"Tahun depan kita sekaligus akan mengupayakan untuk menyiapkan "detail engineeing desain" (DED) perbaikan jembatan gantung Nagari Gantiang Mudiak Utara Surantiah dengan Nagari Ampalu sepanjang 140 meter itu," katanya.

Sementara itu, Walinagari Ganting Mudiak Utara Surantiah, Zulhadi mengatakan akses jalan yang laik merupakan salah satu permasalahan utama bagi masyarakat di kampung itu.

"Jika jalan bisa diperbaiki, perekonomian masyarakat bisa meningkat karena akan lebih mudah memasarkan hasil pertanian terutama gambir," katanya.

Dia berharap, perbaikan yang dilakukan Pemprov Sumbar, meskipun secara bertahap akan bisa mewujudkan mimpi masyarakat untuk memiliki jalan yang laik.