Kunjungan Saudara "Sesuhu": Bupati Banggai ke Karawang Lihat Pertanian ala Taiwan
Dok Pemkab Banggai

Bagikan:

JAKARTA - Bupati Banggai Amirudin melakukan kunjungan kerja ke Karawang. Kunjungan dilakukan sebagai bagian dari agenda akselarasi pencapaian Program Prioritas Satu Juta Satu Pekarangan melalui pengembangan pertanian hortikultura modern. Kunjungan ke negara "sesuhu".

Amirudin mengunjungi Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kabupaten Karawang dan Taiwan Technical Mission (TTM). Amirudin, didampingi Kepala Dinas TPHP Drs. Subhan Lanusi dan dua orang petani hortikultura Kabupaten Banggai: Andre dan Mardi Tane.

Bupati Banggai diterima Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang Asep Azhar dan pimpinan Taiwan Technical Mission (TTM) Indonesia Mr Kao Hsiang Tai. Tujuan kunjungan kerja itu untuk melihat langsung pertanian hortikultura modern

"Tujuan Kunjungan Kerja ini untuk melihat secara langsung pertanian hortikultura modern yang dilakukan melalui pemberdayaan kelompok tani, peningkatan kapasitas petani, dan kualitas hasil produksi pertanian oleh Dinas Pertanian dan Ketahan Pangan Kabupaten Karawang dan Taiwan Technical Mission (TTM) sehingga kita di Kabupaten Banggai dapat mereplikasi dari segi kebijakan melalui Dinas TPHP dan pengimplementasian pertanian hortikultura modern oleh dua orang petani yang kami sertakan khusus untuk melihat dan belajar di sini," kata Amirudin, Rabu 28 Juni.

Dalam kesempatan itu Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Karawang memaparkan gambaran umum potensi pertanian hortikultura yang dikembangkan TTM sampai proses akhir, yakni kontrol kualitas produksi dan packaging hingga pemasaran. TTM juga telah membuktikan potensi pasarnya.

Hasil produksi pertanian TTM hari ini telah dipasarkan di supermarket wilayah Jabodetabek sampai Yogyakarta. Bahkan, pada Juli mendatang TTM akan melakukan ekspor perdana hasil produksi pertanian ke Taiwan.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dipilihnya Kabupaten Karawang sebagai Daerah Binaan Pertanian Hortikultura oleh Taiwan Technical Mission (TTM). TTM memilih Karawang karena suhu yang hampir sama dengan Taiwan, yakni berkisar antara 32˚c-35˚c. Perihal iklim, termasuk suhu, menurut Amirudin adalah variabel penting untuk dilihat dalam proses pembelajaran pertanian.

"Kami siap menerima kunjungan balasan pihak pemerintah Kabupaten Karawang dan Taiwan Technical Mission (TTM) untuk mengembangkan sistem pertanian modern di Kabupaten Banggai, mengingat juga bahwa kondisi suhu kita hampir sama dengan suhu di Taiwan. Untuk awal pengembangan dan menunjukkan keseriusan, kami akan mempersiapkan lahan yang dibutuhkan untuk pengembangan sistem pertanian hortikultura di Kabupaten Banggai," kata Amirudin.