Meski Sudah Divaksinasi, Jokowi: Jangan Lupa Protokol Kesehatan!
Presiden Joko Widodo disuntik vaksin COVID-19 (Foto: Tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan seluruh masyarakat untuk tetap menaati protokol setelah mendapatkan vaksinasi COVID-19. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penularan virus.

"Ya meskipun nantinya sudah divaksin, kita tetap jangan lupa protokol kesehatan tetap dijaga secara disiplin. Memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak," kata Jokowi usai menerima vaksinasi COVID-19 di Istana Negara, Rabu, 27 Januari.

Menurutnya, penerapan protokol kesehatan adalah kunci dari pengendalian COVID-19 di tengah masyarakat selain pemberian vaksinasi.

"(Protokol kesehatan, red) ini penting karena kuncinya juga ada di situ selain vaksinasi. Kunci kedua adalah menjaga protokol kesehatan, hindari kerumunan, kurangi mobilitas kemana-mana," tegasnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi kembali menjalani vaksinasi COVID-19 tahap kedua. Sama seperti vaksinasi pertama, kali ini dia menerima suntikan vaksin Sinovac dengan dosis 0,5 mililiter yang diberikan oleh Prof. Dr. Abdul Muthalib.

Seperti saat vaksinasi pertama, eks Gubernur DKI Jakarta ini menyebut dirinya tak merasakan apapun saat proses vaksin dilakukan. Kalaupun ada yang dirasakan, hanyalah pegal-pegal seperti setelah dirinya mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 untuk yang pertama kalinya pada 13 Januari lalu.

Dia juga mengaku, setelah ini akan menjalankan aktivitasnya secara normal meski baru saja menjalankan vaksin COVID-19.

Adapun dalam program vaksin yang kedua, Presiden Jokowi menerima vaksin bersama sejumlah elemen masyarakat dan pejabat tinggi negara, seperti diantaranya Panglima TNI, Kapolri, perwakilan pengusaha, perwakilan tenaga medis, perwakilan pedagang kecil, hingga perwakilan pemuka agama.

Terkait