Heru Budi Akhirnya Punya Mobil Dinas Pj Gubernur, Tapi Bukan Jip
Mobil dinas (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah hampir 9 bulan menjabat sebagai Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono akhirnya memiliki mobil dinas baru.

Mobil dinas ini sudah mulai digunakan dalam kegiatan kerja Heru setiap harinya. Jenis mobil dinasnya adalah Innova Zenix Q HEV Modellista dengan nomor polisi B 1068 QZ.

Kendaraan dinas yang dipakai sekarang berbeda dengan rencana pengadaan mobil dinas listrik Heru Budi yang dialokasikan Pemprov DKI beberapa waktu lalu, yakni jenis jip dengan merek Hyundai Ioniq 5 Signature.

"Sudah ganti (mobil dinas)," jawab Heru saat dikonfirmasi awak media di kawasan Jatinegara, Selasa, 27 Juni.

Heru mengaku, selama memimpin Ibu Kota, dirinya masih memakai mobil dinas yang difasilitasi dari jabatannya sebagai Kepala Sekretariat Presiden dengan merek Innova Venturer, sebelum akhirnya memiliki mobil dinas baru.

Mobil dinas baru Heru ini memiliki tenaga mesin hybrid yang yang memiliki dua sistem penggerak, yakni bahan bakar bensin dan motor listrik. Innova Zenix Q HEV yang dipakai Heru sekarang berkapasitas mesin 1.987 cc dengan jenis CVT. Harganya berkisar Rp400 juta hingga Rp600 juta.

"Jadi begini, saya sudah 9 bulan jadi Pj Gubernur mulai dari awal sampai kemarin masih menggunakan mobil dari Sekretariat Presiden. Baru hari ini dibeliin sama Pemda DKI," urai Heru sambil tersenyum.

Beberapa waktu lalu, Heru sempat mengaku tidak mau menggunakan mobil dinas jenis jip yang sedang dibeli oleh Pemprov DKI Jakarta pada tahun ini.

Padahal, Pemprov DKI berniat membeli dua kendaraan dinas operasional (KDO) Gubernur DKI untuk Heru. Satu mobil jip dan satu mobil lainnya menggunakan tenaga listrik bermerek Hyundai Ioniq 5 Signature.

"Engak, saya enggak pakai (jip). Enakan pakai Kijang," kata Heru di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 13 Maret.