Terbesar di Dunia! Brasil Gagalkan Pengiriman 28,7 Metrik Ton Sirip Hiu Ilegal
Ilustrasi sirip Hiu. (Wikimedia Commons/Cloneofsnake)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Brasil mengumumkan pada awal pekan ini, berhasil menggagalkan pengiriman 28,7 metrik ton sirip hiu ilegal akan diekspor ke Asia, menjadi penyitaan terbesar di dunia dari negara asalnya.

Badan perlindungan lingkungan Ibama memperkirakan, sirip-sirip tersebut diperkirakan berasal dari sekitar 10 ribu hiu dari dua jenis berbeda, yaitu hiu biru dan hiu mako sirip pendek, yang masuk ke dalam daftar spesies yang terancam punah di Brasil bulan lalu.

"Penangkapan ini secara terpadu merupakan yang terbesar yang pernah tercatat di dunia, terutama karena ini merupakan penangkapan di sumber tempat hiu-hiu tersebut ditangkap," kata Ibama dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters 21 Juni.

Operasi Ibama menargetkan dua perusahaan yang berbeda, tetapi yang lainnya masih dalam penyelidikan, kata kepala perlindungan lingkungan badan tersebut, Jair Schmitt.

"Praktik ini sudah sering terjadi di Brasil. Beberapa tahun yang lalu, kami menemukan sekitar tujuh atau delapan metrik ton hiu, yang disita di negara bagian Para, dengan metode penyiripan yang sama," ujarnya, merujuk pada metode mengiris sirip hiu dan membuang sisanya ke laut.

Pemerintah Brasil di bawah Presiden Luiz Inacio Lula da Silva memprioritaskan untuk memerangi perusakan flora dan fauna, setelah pemerintahan sebelumnya di bawah Jair Bolsonaro, melemahkan badan-badan lingkungan hidup dan kekuatan pengawasan.

"Tindakan ini sangat simbolis karena melambangkan kembalinya Ibama pada perlindungan lingkungan laut dan terutama perlindungan terhadap perdagangan ikan ilegal di negara ini," jelas Schmitt.

Sebuah perusahaan pengekspor di negara bagian selatan Santa Catarina bertanggung jawab atas 27,6 metrik ton sirip ikan, sementara sisanya disita di Bandara Internasional Sao Paulo dari perusahaan kedua, kata Ibama, tanpa menyebutkan nama perusahaan atau orang yang terlibat.

Terpisah, Sea Shepherd, sebuah organisasi konservasi laut nirlaba, meminta Pemerintah Brasil untuk melarang perdagangan sirip hiu dan impor daging hiu ke Brasil, dengan mengatakan hal ini sangat penting untuk melindungi spesies tersebut.

Diketahui, penangkapan hiu merupakan tindakan ilegal di Brasil. Tetapi, Ibama mengatakan kapal-kapal tersebut menggunakan izin untuk menangkap spesies ikan lainnya.

Ia menambahkan, mereka menyebabkan kematian ribuan burung laut ketika mereka menangkap hiu, termasuk beberapa yang termasuk dalam spesies yang terancam punah.