620 Polantas Kawal Arus Kendaraan Saat BBK Hingga Siapkan Kantong Parkir
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Polda Metro Jaya mengerahkan 620 personel lalu lintas guna mencegah terjadinya kepadatan kendaraan saat acara Bulan Bung Karno (BBK) di kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) hari ini. Sebab, diprediksi ribuan bus bakal datang membawa peserta kegiatan tersebut.

"Sekitar 620 personel seputaran GBK. Itu lantas saja untuk kegiatan ini. Untuk pengaturan penjagaan sampai dengan pengaturan parkir perlu kita antisipasi betul,” ujar Dirktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman kepada wartawan, Sabtu, 24 Juni

Kemudian, rekayasa lalu lintas yang bersifat situasional bakal diterapkan. Namun, belum dirinci skema yang nantinya diberlakukan.

Latif hanya menyampaikan pihaknya juga akan menyediakan kantong parkir. Sebab, diprediksi 2.000 bus akan datang ke SUGBK.

"Tidak ada parkir bus yang sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Gatot Subroto. Parkir yang akan kita maksimalkan ada di Monas, Aldiron, Smesco, serta Kemayoran. Kemayoran terakhir karena sudah penuh kegiatan," sebutnya.

Di sisi lain, Latif juga mengimbau kepada masyarakat utuk menghindari kawasan SUGBK. Sehingga, masyarakat nantinya tak terjebak kepadatan lalu lintas.

“Diharapkan masyarakat yang tidak berkepentingan bisa menghindar dari GBK, jalur Sudirman-Thamrin,” kata Latif

Sebelumnya diberitakan, Presiden Jokowi bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin disebut bakal hadir di puncak acara Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu, 24 Juni.

"Bapak Presiden, Bapak Wakil Presiden, dan beberapa menteri di Kabinet Indonesia Maju sudah menyatakan berkenan hadir," kata Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto.

Sementara untuk undangan lain, seperti ketua umum partai politik masih terus dilakukan konfirmasi. Namun, Hasto memastikan undangan sudah dikirimkan.

"Sore ini saya melaporkan kepada Ibu Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDIP) bahwa seluruh keyua umum siapa saja yang akan datang itu masih dilakukan konfirmasi," tegasnya.

"Sehingga besok pagi akan kami sampaikan setelah ada konfirmasi secara lengkap," sambung Hasto.

Lebih lanjut, Hasto menyebut acara puncak BBK bakal dimulai pada pukul 10.00 WIB diawali dengan hiburan. Kemudian puncak peringatan bakal digelar sejak pukul 13.00 WIB.

"Jam 13.00 WIB itu seluruh peserta sudah siap untuk mengikuti protokol partai. Kemudian ditampilkan satgas partai, tari pembuka, dan seluruh protokol partai akan ditampilkan dan diharapkan dapat efektif dilakukan pada jam 13.30 WIB," ungkapnya.