Bagikan:

JAKARTA - Upacara penurunan bendera Merah Putih yang digelar di Istana Negara sore ini melibatkan sebanyak 1.800 personel yang dikerahkan untuk pengamanan.

"Kami 1.800 personel kita akan bertugas sampai dengan semua rangkaian selesai di Jakarta Pusat," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin kepada wartawan, Kamis, 17 Agustus.

Untuk skema rekayasa arus lalu lintas, dikatakan akan bersifat situasional. Artinya, pengalihan jalur kendaraan bermotor akan melihat kondisi dan situasi.

Sedianya, saat upacara pengibaran bendera Merah Putih, sejumlah ruas jalan di kawasan Istana Negara ditutup sementara.

"Kami akan melihat arus masa ataupun undangan yang datang ya," ungkapnya.

Beberapa kantong parkir bagi tamu undangan sudah disiapkan, mulai dari Mahkamah Agung hingga di kawasan Merdeka Selatan.

"Untuk tamu undangan yang dapat undangan di tribun timur, kantong parkir sudah disiapkan mulai dari depan Mahkamah Agung sampai dengan Mabes TNI AD, kemudian Istiqlal, seputar Lapangan Banteng," sebutnya.

"Kemudian tamu di sisi tribun Barat itu juga kita siapkan nanti akan berputar melalui Abdul Muis, Budi Kemuliaan dan bisa parkir di Merdeka Selatan," sambung Komarudin.

Adapun, upacara penurunan bendera Merah Putih telah dilaksanakan tepat pukul 17.00 WIB di halaman Istana Negara, Jakarta.