Bagikan:

JAKARTA - Latihan gabungan upacara hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-79 dilakukan di Istana Garuda Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia berada di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Pantauan di Penajam, Minggu, latihan gabungan upacara kemerdekaan yang dilakukan, yakni pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih yang diikuti komponen upacara lengkap.

"Iya, latihan gabungan upacara pengibaran dan penurunan bendera, pukul 07.00 WITA mulainya," ujar salah satu personel yang mengikuti latihan gabungan upacara saat berbincang dengan ANTARA di sela sela latihan.

"Seperti pemanasan memantapkan gerakan dan formasi barisan dilakukan secara gabungan," ujar personel lainnya.

Latihan gabungan upacara kemerdekaan di Istana Garuda tersebut diikuti Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Merah Putih 2024, pasukan upacara dan petugas upacara.

Korps musik juga hadir pada latihan gabungan mengiringi prosesi upacara kemerdekaan, dan mainkan lagu Indonesia Raya dan Mengheningkan Cipta.

Terlihat pembawa acara yang mulai memainkan peran untuk memandu rangkaian latihan gabungan upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Garuda.

Pasukan upacara mulai mempersiapkan diri dengan gagah berbaris rapi keluar dari sisi kanan serta kiri lapangan, dan mengatur formasi di sisi kanan dan kiri tiang bendera.

Setelah pasukan upacara berdiri sesuai formasi rapi dan tegak berdiri, nampak Paskibraka tegap berdiri berbaris keluar dari sisi kanan lapangan rapi seirama dan terlihat begitu terlatih.

Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024, merupakan upacara kenegaraan perdana di Kota Nusantara, ibu kota baru Indonesia.