Presiden Jokowi Pimpin Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Merdeka
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara penurunan bendera merah putih di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 17 Agustus/ Tangkapan layar

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara penurunan bendera merah putih di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, 17 Agustus.

Berbeda pada upacara pada pagi tadi, kali ini dirinya tidak menggunakan baju adat melainkan menggunakan jas berwarna biru tua dan peci berwarna hitam. Jokowi juga tampak menggunakan masker berwarna putih.

Pada upacara tersebut, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Selain itu, hadir juga Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri, Wurry Ma'ruf Amin.

Sebelum bendera diturunkan, komandan upacara Kolonel Inf. Faisol Izuddin Karimi melapor kepada Jokowi selaku inspektur upacara untuk melaksanakan penurunan bendera merah putih.

"Laksanakan!," kata Jokowi.

Ada pun Tim Paskibraka yang bertugas dalam upacara penurunan bendera kali ini diberi nama Tim Indonesia Tumbuh. Qyara Maharani Putri dari Provinsi Jawa Barat dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih saat nantinya diturunkan.

Sementara yang bertugas untuk menurunkan bendera adalah M. Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatra Barat, Haafiz Habibullah sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur, dan Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.