Mahfud MD: Semangat Nasionalisme dan Solidaritas Sosial Makin Terasah di Tengah Pandemi COVID-19
Mahfud MD (Foto: IG @mohmahfudmd)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan Hari Kemerdekaan RI ke-76 masih diselimuti suasana pandemi COVID-19. Hanya saja, dia mengaku bangga karena nasionalisme dan solidaritas masyarakat justru makin terasah saat ini.

"Saya melihat semangat nasionalisme atau bela negara kita dan kegotongroyongan kita justru semakin terasah di masa sulit seperti ini," kata Mahfud dalam keterangan videonya, Selasa, 17 Agustus.

Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan bukti solidaritas makin kuat karena banyak masyarakat yang bersatu meringankan beban sesamanya, contohnya banyak yang saling membantu ketika ada warga di sekitarnya sedang menjalankan isolasi mandiri di rumah.

"Masyarakat bersatu padu meringankan sesama, tetangga saling membantu yang sedang isolasi mandiri di rumah dan upaya inisiatif serta kreatif warga lainnya," ujarnya.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan pemerintah saat ini berupaya keras menghadapi pandemi COVID-19. Dia memastikan kerja penanganan pandemi akan berpedoman pada keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi.

"Saya percaya keuletan pemerintah yang didukung masyarakat dapat mengatasi musuh bersama ini serta akan menjadikan bangsa kita makin kuat dan kokoh. Dirgahayu kemerdekaan Indonesia, Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," pungkas Mahfud MD.