Bagikan:

JAKARTA - Upacara penurunan bendera Merah Putih dalam peringatan HUT RI Ke-79 berlangsung lancar di Ibu Kota Nusantara (IKN), Sabtu, 17 Agustus 2024, sore WIB.

Sebelum upacara penurunan bendera Merah Putih, hujan sempat mengguyur dalam intensitas ringan selama sekitar 15 menit.

Presiden Joko Widodo menyebut semua rangkaian acara berjalan lancar. Cuaca mendukung berlangsungnya upacara meski sempat diguyur hujan.

"Alhamdulillah semuanya dimulai dari tadi malam, renungan suci. Kemudian, tadi pagi, siang, dan penurunan bendera sore hari ini alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar. Semuanya berjalan dengan baik, cuaca juga sangat mendukung," kata Jokowi.

Jokowi lebih lanjut mengungkapkan bahwa hujan yang turun sebelum upacara membuat penurunan bendera Merah Putih berlangsung lebih khidmat.

"Pas kita istirahat hujan sehingga suasana sejuk. Suasana tidak panas. Suasana upacara menjadi sangat khidmat," tutur Jokowi lagi.

Presiden Jokowi bersama Ibu Negara, Iriana Jokowi, mengenakan baju adat Banjar saat memimpin upacara penurunan bendera Merah Putih.

Acara tersebut juga dihadiri Presiden terpilih, Prabowo Subianto yang mengenakan beskap abu-abu.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT RI Ke-79 tahun 2024 ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Upacara digelar di dua tempat yaitu, di IKN dan Istana Merdeka Jakarta.