Sandingkan Foto Natalius Pigai dengan Gorila, Ambroncius Nababan Masih Saksi
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono (Foto: Humas PolriI

Bagikan:

JAKARTA - Kader Partai Hanura Ambroncius Nababan rampung menjalani pemeriksaan terkait dengan perkara dugaan ujaran kebencian berunsur SARA di media sosial terhadap aktivis Papua Natalius Pigai. Sampai saat ini status Ambroncius masih sebagai saksi.

"Yang bersangkutan telah diperiksa sebagai saksi," ucap Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Rusdi Hartono kepada wartawan, Selasa, 26 Januari.

Namun, perihal hasil pemeriksaan Rusdi enggan menjabarkannya. Alasannya hal itu merupakan kewenangan dari penyelidik.

"Yang dapat kami infokan, yang bersangkutan telah di periksa dan hasil pemeriksaan menjadi kewenangan penyidik," kata dia.

Adapun sebelumnya, Ambroncius Nababan menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri, pada Senin, 25 Januari. Dia diperiksa terkait unggahan foto Natalius Pigai disandingkan dengan gorila

Sebelum diperiksa dia mengakui jika postingan itu memang perbuatannya. Tapi postingan itu tak niat untuk menghina. Melainkan hanya untuk mengkritik Natalius Pigai.

"Tidak ada (rasis). (Hanya untuk) mengkritik," ucap Ambroncius.

Kritikan itu, kata Ambroncius, ditujukun kepada Natalius Pigai karena tak percaya dengan vaksin Sinovac. Tetapi rasa ketidakpercayaanya itu diluapkan ke khalyak luas. Sehingga, hal itu dapat mengganggu program pemerintah.

"Bahwa pak Pugai tolong anda kalau memang tidak setuju Sinovac itu tidak masalah. Semua orang bisa nggak setuju, tapi jangan anda ekspos ke luar bahwa anda tidak percaya dengan Sinovac. Dan (menyebut) saya akan membeli produk dari luar negeri. Itu kan provokasi namanya, itu dasarnya," papar dia