Bagikan:

JAKARTA – Menindaklanjuti video pengendara motor nyaris tewas tertabrak kereta api, PT KAI Daop 1 Jakarta angkat bicara. PT KAI menyebutkan perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu di kawasan Jalan Alastua, Kalideres, Jakarta Barat, merupakan perlintasan liar.

"Perlintasan itu benar perlintasan liar," ujar Pelaksana Harian Manager Humas Daop 1 Jakarta, Feni saat dikonfirmasi VOI, Selasa, 20 Juni.

Lebih lanjut Feni mengatakan, karena tingginya angka kerawanan kecelakaan di sejumlah perlintasan liar, maka PT KAI Daop 1 Jakarta berencana akan melakukan penutupan sebagai antisipasi kecelakaan akibat melintasi jalur kereta api.

"Ke depannya tentu idealnya akan ditutup permanen. Sebelumnya kita juga akan berkoordinasi dengan Pemda, DJKA Kemenhub dan kewilayahan serta sosialisasi kepada warga serta pengguna jalan," katanya.

Penutupan perlintasan liar disebutkan Feni sudah esuai UU 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian diantaranya: Pasal 91 Ayat (1) : "Perpotongan antara jalur KA dan jalan dibuat tidak sebidang". Pasal 94 Ayat (1) : "Untuk keselamatan perjalanan KA dan pemakai jalan, perlintasan sebidang yang tidak mempunyai izin harus ditutup". Pasal 94 Ayat (2) : "Penutupan perlintasan sebidang sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh pemerintahan atau pemerintah daerah".

Diberitakan sebelumnya, pengendara motor berboncengan nyaris tersambar kereta api (KA) yang melintas dengan kecepatan tinggi di sekitar kawasan Kalideres, Jakarta Barat. Kejadian itu berhasil terekam kamera pengawas CCTV yang berada di sekitar lokasi kejadian.

Belum diketahui kapan kejadian kecelakaan motor dengan pengendara nyaris tertabrak kereta itu terjadi. Namun kejadian itu diunggah salah satu akun di media sosial.

Sontak, setelah dilakukan pengunggahan video, sejumlah warganet merespon kejadian kecelakaan itu.

"@keretaapikita @commuterline mengerikan sekali tidak ada palang pintu kereta," tulis @rudinfahrudin77 dalam komentarnya, Selasa, 20 Juni.

Warganet lainnya, @torii haikall03 juga menulis kritikan terhadap kereta commuter line. "@commuterline ko gda palang pintu kreta nya ??," tulisnya.

"Yaa Allah.. Alhamdulillah masih selamat. Jalan ke rumah poris dari daan mogot ini memang sangat berbahaya kalo gak fokus," kata @pak_aprianto.

"Ngeriii bgt gada palangnya... Tanjakan belokan pula.. Harus Hati hati..," ujar @queenn_amoorea.