Bagikan:

KALBAR - Gempa magnitudo (M) 4,0 melanda Singkawang di Kalimantan Barat (Kalbar) terasa hingga wilayah tetangga Bengkayang dan Landak.

Ketua Satgas Informasi Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalbar, Daniel meminta BPBD Bengkayang dan Landak waspada terhadap dampak gempa susulan.

"BPBD Kalbar sudah melakukan koordinasi dan kita minta BPBD Kabupaten Bengkayang dan Landak melakukan siaga. Koordinasi juga dilakukan secara intens ke pimpinan wilayah dan di daerah terdampak getaran gempa terjadi," katanya di Pontianak, Kalbar, Kamis 15 Juni, disitat Antara.

Gempa M 4,0 terjadi di 5 kilometer barat daya Singkawang pada Kamis, 15 Juni 2023 pukul 17.24 WIB.

Berdasarkan analisis Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terletak pada koordinat 0.89 LU dan 108.94 BT.

Dengan kedalaman gempa 32 km, Kabupaten Landak dan Bengkayang menjadi wilayah yang terdampak guncangan.

"Dari laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Landak dan Bengkayang dengan intensitas II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," ujarnya.

Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, BMKG melaporkan gempa ini termasuk gempa dangkal yang diakibatkan aktivitas sesar lokal.

"Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempa bumi tersebut," ucap dia.

Deniel mengingatkan kembali imbauan BMKG agar masyarakat di wilayah Landak, Bengkayang dan sekitarnya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).