IHSG Selasa Pagi Memerah ke Level 5.856,88
Ilustrasi. (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka memerah pada perdagangan Selasa 18 Februari pagi. IHSG dibuka melemah 10,64 poin atau 0,18 persen ke level 5.856,88.

Pada pembukaan perdagangan, sebanyak 113 saham menguat, 79 saham melemah, dan 121 saham stagnan. Transaksi perdagangan mencapai Rp57,3 miliar dari 70,1 juta lembar saham yang diperdagangkan.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia, Lanjar Nafi mengatakan, IHSG hari ini akan bergerak menguat berdasarkan analisis secara teknikal.

Menurutnya, investor masih optimis pada aset berisiko seperti saham, seiring rencana Tiongkok mengurangi pajak dan biaya perusahaan di tengah kelesuan aktivitas ekonomi negaranya akibat wabah virus corona.

"Tiongkok akan membiarkan bank menyalurkan lebih banyak pinjaman meskipun berpotensi bermasalah, guna menopang perekonomian di tengah krisis kesehatan negaranya," kata Nafan dalam risetnya.

Dengan demikian, dia memprediksi IHSG bakal bergerak di zona hijau hari ini dengan area support dan resistance di rentang level 5.850 hingga 5.930.

Dia pun merekomendasikan beberapa saham yang menarik dicermati investor secara teknikal di antaranya, saham perusahaan aneka industri seperti PT Pabrik Kertas Tjiwi Kimia Tbk (TKIM), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), dan PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Selanjutnya saham konsumer dan konstruksi, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Waskita Karya Tbk (WSKT), PT PP Tbk (PTPP), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA).

Pagi ini, saham-saham yang masuk top gainers di antaranya PT Agro Yasa Lestari Tbk (AYLS) naik Rp74 atau 20,3 persen ke Rp428, saham PT Gunawan Dianjaya Steel Tbk (GDST) naik Rp5 atau 7,25 persen ke Rp74 dan saham PT Ginting Jaya Energi Tbk (WOWS) naik Rp4 atau 3,7 persen ke Rp112.

Adapun saham-saham yang masuk top losers antara lain, saham PT Indonesian Tobacco Tbk (ITIC) turun Rp100 atau 4,35 persen ke Rp2.200, saham PT Sentral Mitra Informatika Tbk (LUCK) turun Rp10 atau 2,19 persen ke Rp446 dan saham PT Diamond Citra Propertindo Tbk (DADA) turun Rp3 atau 1,99 persen ke Rp148.