Dirut RSUPN RSCM Jelaskan Proses Penanganan Fajri Pria Obesitas 300 Kg Luar Biasa, Sampai Bongkar Pintu
Muhammad Fajri, pria Tangerang yang memiliki berat 300 kg diketahui sudah mengalami obesitas sejak berusia 8 tahun. (Twitter/@AboutTNG)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama RSUPN Cipto Mangunkusumo (RSCM), Lies Dina Liastuti menyebutkan, Fajri (26) pasien obesitas dengan bobot 300 kilogram masih menjalani perawatan di ruang khusus yang telah dimodifikasi.

"Kami menyiapkan (ruang) rawat khusus satu ruangan hanya untuk yang bersangkutan. Yang bersangkutan juga tidak bisa (dirawat) ditempat tidur karena berat badan yang tidak memungkinkan adanya tempat tidur sebesar yang dibutuhkan dan berat sekali," kata Lies Dina Liastuti kepada wartawan, Rabu, 14 Juni.

Lies Dina Liastuti menjelaskan, ruangan khusus itu dibuat karena ruangan yang sebelumnya tersedia tidak dapat menampung bobot tubuh Fajri.

"Alat-alat untuk ICU kita tarik untuk ditaruh disana, untuk memonitor pasien tersebut. Seluruh peralatan kita tarik ke ruangan tersebut dengan memodifikasi ruangannya, kita membobok pintu dan sebagainya," ujarnya.

Mengingat kembali, warga Pedurenan, Karang Tengah, Kota Tangerang, Muhammad Fajri (27) viral karena obesitas, dan memiliki bobot tubuh hingga 300 kg. Fajri sempat dirawat di RSU Kota Tangerang, kemudian dirujuk ke RSCM pada Jumat malam, 9 Juni 2023.

Setelah tiba di RSCM, pasien Fajri dilakukan triage di IGD. Kemudian pasien dipindahkan ke ruang perawatan rawat inap terpadu Gedung A.