Bagikan:

JAKARTA - Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo (RSCM) atau Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr Cipto Mangunkusumo kembali menerima pasien obesitas dengan berat 200 kilogram hasil rujukan dari RSUD Kota Tangerang pada Selasa kemarin, 11 Juli.

Pasien bernama Cipto (45) warga Pinang tersebut dirujuk ke RSCM dengan bantuan evakuasi dari personel BPBD Kota Tangerang.

Namun saat ingin dikonfimarsi oleh media, pihak RSCM belum memberikan tanggapan mengenai proses penanganan Cipto.

"Hubungi direktur medik kami. Mohon maaf saya sedang cuti," kata Dirut Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) Dr Cipto Mangunkusumo, Lies Dina Liastuti saat dikonfirmasi VOI, Rabu, 12 Juli.

Sementara ketika VOI berusaha mengkonfirmasi ke Direktur Medik RSCM melalui pesan Whatsapp namun pihak Direktur Medik belum berkenan menjawab dan memberi keterangan resmi.

Diberitakan, pria obesitas dengan berat 200 kilogram (Kg) bernama Cipto (45) akhirnya dirujuk RSUD Kota Tangerang menuju Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo, Jakarta Pusat. Proses pemindahan pria asal Pinang, Kota Tangerang ini dibantu oleh belasan personel BPBD Kota Tangerang. Dalam prosesnya, petugas mengalami kesulitan.

Kepala Bidang Pelayanan Medis dan Keperawatan RSUD Kota Tangerang, Dokter Amir Ali mengatakan bila di tempatnya tidak ada dokter spesialis untuk penangan penyakit yang dialami Cipto.

“Kita rujuk ke RSCM, karena di sana punya peralatan yang lebih lengkap lagi. Perawatannya lebih efektif lagi,” kata Amir kepada wartawan, Selasa, 11 Juli.

“Kan kita sudah ketahui, pasien dengan obesitas berat itu harus penanganan yang lebih efektif lagi dimana membutuhkan dokter spesialistik yang berhubungan dengan penyakit obesitas tersebut. Nah di RSCM itu lengkap,” sambungnya.