Mensos Targetkan Kemiskinan Ekstrem Tuntas pada 2024
Mensos RI Tri Rismaharini menjelaskan proses asesmen calon penerima manfaat dalam menuntaskan kemiskinan ekstrem di Jakarta, Selasa (13/6/2023). (ANTARA/Sean Filo Muhamad)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menargetkan angka kemiskinan ekstrem dapat dituntaskan menjadi nol persen pada 2024.

"Sesuai target RPJMN dan arahan Presiden Jokowi, kita diminta untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem pada 2024," katanya dalam konferensi pers di Jakarta dilansir ANTARA, Selasa, 13 Juni. 

Saat ini, pihaknya berupaya untuk menuju angka kemiskinan ekstrem nol persen. Angka kemiskinan tersebut saat ini 1,74 persen atau sekitar 5,5 juta jiwa.

Dalam upayanya menuntaskan kemiskinan ekstrem, dia menyebutkan sejumlah program, seperti permakanan lansia, permakanan disabilitas, bantuan kepada anak yatim piatu (YAPI), Rumah Sejahtera Terpadu (RST), serta Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA), terus diperbarui targetnya.

Pada 2023, setidaknya terdapat 100.000 penerima permakanan lansia, 33.775 penerima permakanan disabilitas, 378.745 penerima YAPI, 595 keluarga penerima RST, serta 7.500 penerima PENA.

"Sejak November 2022 hingga sekarang, sekitar 2.700 penerima manfaat PENA 2022 sudah akan selesai karena ekonominya membaik, ini pertanda bagus," tutur mantan Wali Kota Surabaya itu.

Meski demikian, Mensos Risma mengaku mendapat kesulitan dalam mendata para calon penerima manfaat.

Dalam pengelolaan dana khusus untuk menuntaskan kemiskinan ekstrem, pihaknya memerlukan waktu yang lama terkait dengan pelaksanaan asesmen calon penerima manfaat sehingga seluruh bantuan dapat sampai kepada penerima manfaat.

"Karena waktu yang lama, kami bisa menunjukkan bagaimana kondisi penerima manfaatnya, kami tahu semua siapa namanya, alamatnya, serta jenis bantuannya," ujarnya.

Maka dari itu, dia berharap, segala permasalahan terkait dengan anggaran kepada pihak yang terkait dapat diselesaikan dengan segera, mengingat bantuan harus didistibusikan dengan segera.