25 Pasukan Penjaga Perdamaian NATO Terluka dalam Bentrokan dengan Pengunjuk Rasa Serbia di Kosovo
Pasukan KFOR dari Italia di Kosovo. (Wikimedia Commons/Allions)

Bagikan:

JAKARTA - Sekitar 25 tentara penjaga perdamaian NATO yang mempertahankan tiga balai kota di Kosovo utara, terluka dalam bentrokan dengan pengunjuk rasa Serbia pada hari Senin, sementara Presiden Serbia menyiagakan militer dalam siaga tempur tertinggi.

KFOR, misi penjaga perdamaian yang dipimpin NATO ke Kosovo, mengutuk kekerasan tersebut.

"Saat melawan kerumunan paling aktif, beberapa tentara dari kontingen KFOR Italia dan Hongaria menjadi sasaran serangan tak beralasan dan luka trauma yang berkelanjutan, dengan patah tulang dan luka bakar akibat ledakan alat pembakar," kata KFOR dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters 30 Mei.

Menteri Pertahanan Hongaria Kristof Szalay-Bobrovniczky mengatakan, tujuh tentara Hongaria terluka parah dan akan dibawa ke Hongaria untuk menjalani perawatan. Dia mengatakan, 20 tentara terluka. Tentara Italia juga terluka dalam bentrokan tersebut.

"Apa yang terjadi benar-benar tidak dapat diterima dan tidak bertanggung jawab," kata PM Giorgia Meloni dari Italia dalam sebuah pernyataan.

"Sangat penting untuk menghindari tindakan sepihak lebih lanjut dari pihak berwenang Kosovo dan semua pihak yang terlibat segera mundur untuk meredakan ketegangan," tegasnya.

Sementara itu, Presiden Serbia Aleksandar Vucic mengatakan bahwa 52 orang Serbia terluka, tiga di antaranya serius.

Sedangkan Presiden Kosovo Vjosa Osmani menuduh mitra Serbia Aleksandar Vucic mendestabilisasi Kosovo.

"Bangunan ilegal Serbia yang berubah menjadi geng kriminal telah menyerang polisi Kosovo, petugas KFOR (penjaga perdamaian) & jurnalis. Mereka yang melaksanakan perintah Vucic untuk mengacaukan wilayah utara Kosovo, harus diadili," cuit Osmani.

Presiden Vucic menuduh Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti menciptakan ketegangan. Dia meminta orang Serbia di Kosovo untuk menghindari bentrokan dengan tentara NATO.

Situasi tegang berkembang setelah wali kota etnis Albania menjabat di wilayah mayoritas Serbia di Kosovo utara, setelah pemilu yang diboikot oleh Serbia - sebuah langkah yang membuat AS dan sekutunya menegur Pristina pada Hari Jumat.

pasukan kfor nato
Pasukan KFOR dari Italia di Kosovo. (Wikimedia Commons/Allions)

Di Zvecan, salah satu kota, polisi Kosovo - yang dikelola oleh etnis Albania setelah Serbia keluar dari kepolisian tahun lalu - menyemprotkan gas merica untuk mengusir kerumunan orang Serbia yang menerobos barikade keamanan dan mencoba memaksa masuk ke gedung pemerintah kota.

Pengunjuk rasa Serbia di Zvecan melemparkan gas air mata dan granat kejut ke tentara NATO. Warga Serbia juga bentrok dengan polisi di Zvecan dan kendaraan NATO yang dicat semprot dengan huruf "Z", mengacu pada tanda Rusia yang digunakan dalam perang di Ukraina.

Di Leposavic, dekat perbatasan dengan Serbia, pasukan penjaga perdamaian AS dengan pakaian anti huru hara memasang kawat berduri di sekitar balai kota untuk melindunginya dari ratusan orang Serbia yang marah.

Kemudian di penghujung hari pengunjuk rasa melemparkan telur ke mobil yang diparkir milik walikota baru Leposavic.

Presiden Vucic, yang merupakan panglima tertinggi angkatan bersenjata Serbia, meningkatkan kesiapan tempur tentara ke tingkat tertinggi, kata Menteri Pertahanan Milos Vucevic kepada wartawan.

"Ini menyiratkan bahwa segera sebelum pukul 14:00, Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Serbia mengeluarkan instruksi tambahan untuk penempatan unit-unit tentara di posisi khusus yang ditentukan," jelas Presiden Vucevic, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Penjaga perdamaian NATO juga memblokade balai kota di Zubin Potok untuk melindunginya dari warga Serbia setempat yang marah, kata saksi mata.

Igor Simic, wakil ketua Serbia List, partai Serbia Kosovo terbesar yang didukung Beograd, menuduh Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti memicu ketegangan di utara.

"Kami tertarik pada perdamaian. Warga Albania yang tinggal di sini tertarik pada perdamaian, dan hanya dia (Kurti) yang ingin membuat kekacauan," kritik Simic kepada wartawan di Zvecan.

Orang-orang Serbia, yang merupakan mayoritas di bagian utara Kosovo, tidak pernah menerima deklarasi kemerdekaan Kosovo dari Serbia pada tahun 2008 dan masih menganggap Beograd sebagai ibu kota mereka, lebih dari dua dekade setelah pemberontakan etnis Albania Kosovo melawan pemerintahan Serbia yang represif.

Sedangkan etnis Albania membentuk lebih dari 90 persen populasi di Kosovo secara keseluruhan, tetapi orang-orang Serbia di bagian utara telah lama menuntut implementasi kesepakatan 2013 yang ditengahi Uni Eropa untuk pembentukan asosiasi kota otonom di daerah mereka.

Warga Serbia menolak untuk ikut serta dalam pemilihan lokal pada Bulan April dan kandidat etnis Albania memenangkan pemilihan wali kota di empat kotamadya yang mayoritas penduduknya Serbia, termasuk Mitrovica Utara, di mana tidak ada insiden yang dilaporkan pada Hari Senin, dengan jumlah pemilih sebesar 3,5 persen.

Warga Serbia menuntut agar pemerintah Kosovo mencopot wali kota etnis Albania dari balai kota dan mengizinkan pemerintah lokal yang dibiayai oleh Beograd untuk melanjutkan pekerjaan mereka.

Pada Hari Jumat, tiga dari empat walikota etnis Albania dikawal masuk ke kantor mereka oleh polisi, yang kemudian dilempari batu dan dibalas dengan gas air mata serta meriam air untuk membubarkan para pengunjuk rasa.

Amerika Serikat dan sekutunya, yang sangat mendukung kemerdekaan Kosovo, menegur Pristina pada Hari Jumat dengan mengatakan, memaksakan wali kota di daerah mayoritas Serbia tanpa dukungan rakyat akan melemahkan upaya untuk menormalkan hubungan.

Kurti membela posisi Pristina, men-tweet setelah panggilan telepon akhir pekan dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa: "Menekankan bahwa wali kota terpilih akan memberikan layanan kepada semua warga negara."

Sedangkan Menteri Luar Negeri Serbia Ivica Dacic mengatakan kepada RTS, "tidak mungkin memiliki wali kota yang tidak dipilih oleh orang Serbia di kota-kota mayoritas Serbia".