Bagikan:

JAKARTA - Aspal di ruas Jalan Medan Merdeka Utara, tepatnya di dekat Istana Negara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, ditemukan rusak. Selain itu, kontur aspal jalan juga banyak lubang dan dipenuhi tambal sulam aspal.

Kawasan jalan rusak itu kerap diakses sejumlah kendaraan tamu negara saat menuju Istana. Bahkan, sejumlah lubang tersebar sampai tikungan menuju Jalan Merdeka Barat. Lubang itu membuat kendaraan yang melintas mengalami guncangan.

Bachtiar (25) salah satu pengendara motor yang melintas menyayangkan kondisi jalan tersebut. Menurut dia, aspal Jalan Medan Merdeka Utara seharusnya mulus karena merupakan kawasan Ring 1.

"Kawasan ini penting bagi negara. Kalau (kondisi jalan sekitar) Istana yang notabenenya adalah wajah bagi singgasana pejabat nomor 1 di Indonesia kayak begitu, gimana jadinya daerah-daerah yang ada di pelosok negeri," keluhnya kepada wartawan, Selasa, 23 Mei.

Bachtiar berharap jalan tak rata itu segera diperbaiki. Terlebih, selain menjadi jalur bagi mobilitas masyarakat, Jalan Medan Merdeka Utara juga sering dilalui para pejabat negara.

Sementara, Kepala Suku Dinas Bina Marga (Kasudin BM) Jakarta Pusat Agustio Ruhuseto menanggapi kondisi jalanan rusak di kawasan Ring 1 Istana Negara itu.

"Rencananya akan dikerjakan tahun ini oleh Dinas Bina Marga. Infonya (akan diperbaiki) awal bulan Juni," katanya.