Lepas Calon Jemaah Haji, Wali Kota Batam Titip Doa
Suasana pelepasan jemaah calon haji Batam Kepulauan Riau, Sabtu, 20 Mei. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Batam Muhammad Rudi melepas jemaah calon haji yang akan berangkat ke Tanah Suci, Sabtu, 20 Mei. Pada kesempatan ini, Rudi meminta doa dari para jemaah.

Dia berharap para jemaah bisa mendoakan perekonomian di daerah itu semakin meningkat sehingga dapat menyejahterakan masyarakat.

"Kami berharap doa seorang yang naik haji mudah-mudahan terkabulkan. Doakan mudah-mudahan warga dan bangsa Indonesia, khususnya Kota Batam, supaya aman, damai, pemerintah berjalan baik, perekonomian di Batam semakin meningkat," katanya.

Ia juga mengingatkan jemaah calon haji untuk menjaga stamina selama berada di Tanah Suci agar bisa menjalani seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan lancar.

"Karena haji salah satu kegiatan ibadah fisik, fisik ini harus kita siapkan dan kuasai masalah lapangan, agar aman dan damai dan bisa menjalankan ibadah haji dengan baik. Sekecil apapun masalah di sana, mereka harus sudah siap dan harus diberitahu supaya sesuatu yang baru bagi mereka tidak akan canggung," ujarnya, seperti dikutip dari Antara.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina mengimbau jamaah untuk menyiapkan fisik secara baik.

"Selain itu, kembali luruskan niat. Kami mendoakan semoga jamaah bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji dengan baik dan memperoleh haji mabrur," kata dia.

Ia juga meminta jemaah untuk saling membantu selama berada di Tanah Suci.

"Budayakan saling membantu antarjamaah. Dan para petugas dimohon bisa memberikan layanan terbaik pada jamaah haji. Jaga kesehatan," ujar dia.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam Zulkarnain mengatakan jemaah calon haji asal daerah tersebut pada musim haji 2023 terbagi menjadi tiga kelompok terbang (kloter), yakni dua kloter campuran dan satu kloter utuh.

"Di Kota Batam terbagi dalam tiga kloter, yaitu kloter 1, 3, dan 5. Kloter pertama akan terbang tanggal 24 Mei, kemudian kloter 3 berangkat tanggal 25 Mei dan kloter 5 ini yang penuh untuk jemaah Kota Batam seluruhnya sebanyak 369 jamaah," kata dia.