Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) DR. dr. Moh. Adib Khumaidi, SpOT, menekankan pentingnya kolaborasi dokter dan tenaga kesehatan lainnya dalam menangani kesehatan masyarakat.

Hal itu dia sampaikan dalam sambutan pembukaan acara Hari Bakti Doter Indnesia (HBDI) ke-115 di teras depan Balai Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan, Jumat 19 Mei.

“Momentum HBDI yang diperingati 20 Mei ini para sejawat saling berjumpa dan melayani bersama. Bagaimana peran para dokter anggota IDI yang berkolaborasi bersama para tenaga kesehatan dan Organisasi Profesi Kesehatan lainnya akan terlihat sangat kuat di masa ini. Kolaborasi inilah yang mendorong kita bersama membangun kesehatan di wilayah masing-masing," katanya.

Mitra Strategis

Dokter kata Adib, adalah mitra strategis bagi pemerintah dan masyarakat. "Dokter dan tenaga kesehatan selalu menjadi mitra utama strategis bagi pemerintah dan masyarakat, mengabdi kepada daerah dan wilayah. Kami yakin acara HBDI ini semakin bisa meningkatkan rasa kebersamaan dan kesolidan para dokter karena tantangan kesehatan kedepan akan jauh lebih banyak,” katanya.

Sementara itu  Wali Kota Banjar Baru HM. Aditya Mufti Ariffin sangat mengapresiasi pelaksanaan puncak kegiatan HBDI di Kalimantan Selatan yang diadakan oleh IDI. selain itu, Aditya juga menyampaikan apresiasi tinggi atas kerja keras para tenaga kesehatan, utamanya para dokter yang berada dalam pelayanan kesehatan pada masyarakat karena tanpa mengenal lelah dan waktu mengabdikan dirinya untuk menjadi garda terdepan kesehatan masyarakat.

“Saya memahami betapa berat perjuangan para dokter sekalian dan tenaga kesehatan lainnya yang berjuang di garda terdepan utuk menjaga kualitas kesehatan masyarakat,” kata Aditya yang berharap IDI dapat membantu meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

Kegiatan yang dilakukan antara lain pengobatan gratis dokter spesialis, pembangunan sumber air bersih, pembangunan jamban sehat, penyukuhan dan skrining kesehatan, bakti sosial, sunatan massal, donor darah, serta berbagai sarasehan percepatan penanganan stunting di Indonesia.

Kegiatan ini menjadi pembuka serangkaian kegiatan HBDI yang dilakukan di lebih dari 500 area di seluruh Indonesia yang akan dilakukan oleh 34 IDI Wilayah dan 456 IDI Cabang Se-Indonesia. 

Menurut dr Sigit Prasetia Kurniawan, Sp.PD, K-HOM, FINASIM selaku Ketua IDI Wilayah Kalimantan Selatan, tuan rumah puncak acara HBDI ke-115, Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) akan berpusat di 5 (lima) area di wilayah Kalimantan Selatan yakni; Desa Pandahan Kec. Bati-bati Tanah Laut, Desa Margasari Kec. Candi Laras Selatan Tapin, Loksado dan Pendopo Bupati Hulu Sungai Selatan dan Q-Mall Banjarbaru pada Hari Jumat – Minggu, 19-21 Mei 2023.