Pemkot Mataram Segera Beli 3 Mobil Listrik, Anggarannya Rp1,8 Miliar
ILUSTRASI UNSPLASH

Bagikan:

MATARAM - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera membeli tiga unit mobil listrik sebagai salah satu tindak lanjut dari kebijakan pemerintah pusat. 

"Untuk pengadaan tiga unit mobil listrik tersebut kami sudah siapkan anggaran Rp1,8 miliar," kata Kepala Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram M Ramayoga dikutip ANTARA, Rabu, 17 Mei.

Dia mengatakan, tiga mobil listrik itu diperuntukkan bagi Wali Kota Mataram dan Wakil Wali Kota Mataram, serta Ketua DPRD Kota Mataram.

"Pembeliannya akan dilakukan dalam waktu dekat oleh Bagian Umum Setda Kota Mataram," katanya.

Sementara itu, lanjut Ramayoga, pada Senin (15/5) juga telah dibeli dua unit sepeda motor listrik sebagai uji coba sejauh mana efektivitas dan efisiensi dibandingkan dengan sepeda motor dengan bahan bakar minyak (BBM).

Dua sepeda motor listrik tersebut saat ini dimanfaatkan oleh pegawai Bappeda Kota Mataram untuk mendukung operasional kerja, sambil dilakukan evaluasi.

"Penggunaan dua unit sepeda motor listrik ini akan kami evaluasi per bulan, untuk melakukan perbandingan," katanya.

Kendati harga beli sepeda motor listrik ini sama dengan sepeda motor biasa yakni sekitar Rp31 juta per unit, namun untuk sepeda motor listrik tidak ada lagi alokasi anggaran untuk BBM.Selain itu anggaran pemeliharaannya seperti ganti oli dan lainnya juga tidak ada.

Apabila dalam satu tahun ternyata penggunaan motor listrik lebih hemat maka ke depan akan dilakukan pengadaan secara bertahap, sebab pemerintah kota juga harus mempertimbangkan mau dibawa kemana kendaraan ang sudah ada.