Pemerasan di Kawasan Parkir Liar Dekat Masjid Istiqlal, Polsek Sawah Besar Lakukan Penyelidikan
Tangkap layar video viral parkir liar di Masjid Istiqlal Jakpus

Bagikan:

JAKARTA - Polsek Sawah Besar melakukan penyelidikan terkait beredarnya video viral aksi pemerasan melalui parkir liar kendaraan di kawasan Masjid Istiqlal, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Para jukir mematok tarif harga parkir Rp 10 ribu per motor.

"Terkait dugaan pemerasan dari reskrim polsek sawah besar masih menyelidiki pelakunya. Disana memang bukan tempat parkir, kalau parkir resmi di basemen bawah Masjid Istiqlal," kata Kepala Polsek Sawah Besar AKP Dhanar Dhono Vernandhie saat dikonfirmasi, Senin, 15 Mei.

Dalam video amatir yang direkam warga, terlihat sejumlah motor parkir sejajar di jalur lintasan sepeda di Jalan Katedral. Video itu kemudian diunggah di akun instagram @lensa_berita_jakarta.

"Dari polsek sawah besar sudah menghimbau jamaah masjid Istiqlal untuk gunakan parkir ditempat parkir yang sudah disediakan," ucapnya.

Sementara Kasatpel Dinas Perhubungan (Dishub) Sawah Besar Afif mengatakan, para pemilik kendaraan kerap memarkirkan kendaraannya di parkir liar karena tidak mau parkir di lokasi parkir resmi.

"Jukir di sekitar masjid istiqlal itu liar bukan dibawah binaan dishub karena di seputaran masjid istiqlal kawasan larangan parkir di trotoar maupun dijalan. Kita akan kordinasi dengan Polsek dan Satpol PP untuk penertiban dan penjagaan," katanya.