Wapres Ma’ruf Amin Kunjungi Pulau Untung Jawa
Wapres Ma'ruf Amin/Tangkap layar

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma'ruf Amin bertolak menuju Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Senin, untuk meresmikan Kampung Bahari Nusantara binaan TNI Angkatan Laut.

Wapres akan meresmikan secara serentak 68 Program Kampung Bahari Nusantara yang ada di satuan Komando TNI AL di seluruh Indonesia dari Pulau Untung Jawa.

Dilansir ANTARA, Senin, 15 April, Wapres juga akan berdialog melalui konferensi video dengan perwakilan Program Kampung Bahari Nusantara di berbagai daerah.

Wapres dan rombongan terbatas bertolak dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara, Senin pagi, dengan menumpang Kapal Angkatan Laut Yudhistira dan dijadwalkan tiba di Pulau Untung Jawa pukul 10.00 WIB.

Sebagai informasi, Kampung Bahari Nusantara merupakan program TNI AL untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi dan pertahanan.

Kegiatan peresmian ini mengangkat tema "Kampung Bahari Nusantara TNI AL Siap Mendukung Transformasi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Masyarakat Maritim yang Sejahtera”.

Kampung Bahari Nusantara mengangkat lima klaster yakni pertahanan, ekonomi, edukasi, kesehatan dan pariwisata.

Klaster pertahanan membuat masyarakat dapat diberdayakan sebagai komponen pendukung dalam pertahanan negara.

Klaster ekonomi meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pembinaan kegiatan usaha mikro, kecil dan menengah.

Klaster edukasi meningkatkan pengetahuan masyarakat desa melalui pembentukan rumah pintar. Klaster kesehatan meningkatkan kesehatan masyarakat desa melalui penyuluhan dan sosialisasi budaya hidup sehat dan peningkatan pelayanan puskesmas.

Klaster pariwisata bertujuan menciptakan desa agar dapat dijadikan destinasi pariwisata khususnya wisata bahari.