Temani Wapres Tinjau MPP Semarang, Ganjar Pranowo Temukan Fakta Ini
Ganjar Ptano menemukan faktar MPP masih kurang diminati. (IST)

Bagikan:

SEMARANG - Ada fakta menarik yang ditemukan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menemani Wapres Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja di wilayahnya. Ternyata terkuak fakta kalau kunjungan publik ke Mal Melayanan Publik (MPP) masih rendah.

Rangkaian kunjungan kerja Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Jawa Tengah, diakhiri dengan meninjau Mal Pelayanan Publik Kota Semarang di Lantai 2 Terminal Mangkang, Selasa 4 April. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo turut mendampingi selama kunjungan tersebut.

Dua Indikator

Ganjar Pranowo mengatakan, ada temuan khusus yang ia dapati saat mendampingi Wapres. Yakni tingkat kunjungan masyarakat di MPP Kota Semarang yang rendah.

“Sepinya ada dua indikator. Indikator pertama belum tersosialisasikan, indikator kedua memang masyarakat di Kota Semarang yang menggunakan jasa mal pelayanan publik sudah paham betul tentang penggunaan digital,” kata Ganjar usai Wapres Ma’ruf bertolak kembali ke Jakarta.

Ganajr Pranowo mendampingi Wapres Maruf Amin melakukan kunjungan kerja. (IST)
Ganajr Pranowo mendampingi Wapres Maruf Amin melakukan kunjungan kerja. (IST)

Ganjar mengatakan, jika keberadaan MPP di Kota Semarang tidak terlalu efisien maka akan didorong perubahannya ke arah digitalisasi.

“Artinya kelak kemudian hari jangan-jangan Kota Semarang itu akan jauh lebih cepat proses digitalisasinya. Sehingga semua bisa melihat dari peralatan dan gadget yang mereka miliki itu jauh lebih cepat,” tegasnya.

Mantan anggota DPR RI itu mengatakan, kondisi ini sebenarnya sesuai dengan wacana MPP Digital yang disampaikan oleh KemenPAN-RB.

“Inilah yang Pak Menpan menyampaikan pada kita semua bahwa ya proses berikutnya tidak hanya Mal Pelayanan Publik, tapi pasti digital yang mesti diinternalisasi dalam sistem yang ada,” ujarnya.

Terlepas dari itu, Ganjar menyampaikan apresiasi atas kunker Wapres Ma’ruf Amin ke Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, Wapres Ma’ruf Amin dalam konferensi pers berharap target MPP ada di seluruh kabupaten kota dapat terwujud.

“Dan pagi ini saya melihat juga MPP dalam rangka mempermudah pelayanan yang kita target di tahun 2024 seluruh kabupaten kota sudah punya MPP, ini semua dalam rangka percepatan itu,” kata Wapres.

Sebagai informasi, MPP Kota Semarang mulai beroperasi pada akhir 2022 lalu. Peresmian MPP Semarang dilakukan langsung oleh Wapres Ma’ruf, serentak dengan 25 MPP lainnya, pada 5 Desember 2022.

Sebelumnya pada Senin 3 April kemarin, Ganjar Pranowo mendampingi Wapres juga meresmikan Pembukaan Jateng Halal Fair (JHF) 2023 serta menyaksikan Pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) di kawasan Aloon-Aloon Masjid Agung Semarang.