Mengenal Mercedes S600 Guard, Mobil Kepresidenan Jokowi yang Melintasi Jalan Rusak di Lampung
Mobil yang ditumpangi Presiden Jokowi melintasi Jalan Terusan Ryacudu, Lampung Selatan, Lampung, Jumat 5 Mei. (Biro Pers Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo baru saja meninjau jalan rusak di Provinsi Lampung. Kepala negara melintas jalan berlubang dan berkubang di Lampung menggunakan mobil kepresidenan berpelat "Indonesia-1" merek Mercedes-Benz S600 Guard.

Dalam rekaman video Sekretariat Presiden, mobil mewah asal Jerman tersebut terlihat melintasi jalan rusak di kawasan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan.

Jokowi yang duduk di kursi belakang merasakan kondisi jalanan yang dilintasi dipenuhi dengan lubang-lubang serta genangan air. Tentunya, kondisi tersebut tidaklah cocok untuk mobil bertipe S-Class tersebut.

Mercedes-Benz S600 Guard dipercaya menjadi mobil kepresidenan Jokowi sejak 2019. Limousin mewah tersebut juga sempat dipakai untuk menjemput sejumlah kepala negara pada KTT G20 Bali, tahun lalu.

Melansir laman resmi Mercedes-Benz, S600 Guard memiliki mesin biturbo V12 yang mampu mengeluarkan daya 517 dk dan torsi 830 Nm. Limousin tersebut memiliki dimensi yang luas dengan panjang 5.453 mm, tinggi 1.498 mm, lebar 2.130 mm, dan wheelbase 3.365 mm.

Mercedes-Benz S600 Guard (dok. Mercedes-Benz Group)

Di luar performanya yang impresif, mobil kepresidenan tersebut memiliki sistem pengamanan yang canggih dengan tingkat ketahanan B6/B7. Yang artinya, mobil tersebut dilengkapi armor yang tahan terhadap proyektil senjata kecil dan memberikan perlindungan dari pecahan granat dan bahan peledak lainnya.

Fitur keselamatan lainnya, termasuk run-flat tyre, tangki bahan bakar self-sealing, dan sistem pemadam kebakaran. Walaupun terlihat S600 memiliki ketinggian yang mumpuni untuk melaju di jalanan berlubang, namun nyatanya limousin tersebut memiliki ukuran ground clearance yang rendah. Tentunya kendaraan ini tidak cocok digunakan untuk jalanan rusak.

S600 Guard merupakan pengganti Mercedes-Benz S600 Pullman Guard, mobil kepresidenan era Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY.