Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan asal Inggris Electrogenic memperkenalkan powertrain 'plug and play'. Mereka dapat mengubah Mini klasik jadi bertenaga listrik.

Dikutip dari laman Autocar, Jumat, 5 Mei, perusahaan spesialis konversi tenaga listrik itu menukar mesin Mini A-Series dengan motor listrik berpendingin air yang dapat menghasilkan tenaga 59 dk dan torsi 135 Nm.

Tentunya, ini merupakan peningkatan yang cukup signifikan dibanding dengan mesin yang digandrungi sebelumnya dengan tenaga 33 dk dan torsi 59 Nm pada Mini keluaran 1959.

Selain lebih bertenaga dari mesin originalnya, powertrain tersebut menghasilkan daya yang setara dengan mesin twin-port injection yang ada pada Rover Mini produksi 1997-2000 yang menghasilkan 62 dk dan torsi 94 Nm.

Untuk sumber daya pada mobil ini, Electrogenic membekali paket baterai 20 kWh yang memiliki jangkauan hingga 128 km jika dijalankan pada wilayah perkotaan. Meskipun demikian, jarak tempuh yang dihasilkan bisa berkurang bila mobil melaju di jalan yang lebih cepat.

Steve Drummond, selaku co-founder dari Electrogenic, mengungkapkan pihaknya telah mempelajari powertrain tersebut selama bertahun-tahun agar bisa dipindahkan ke Mini klasik tersebut. Ia pun mengklaim bahwa penggerak listrik ini mudah dipasang dan hemat biaya.

"Kami telah mengonbersi sejumlah Mini cantik selama bertahun-tahun menjadi penggerak listrik dan telah melihat permintaan yang signifikan untuk solusi yang mudah dipasang dan ramah anggaran," ungkap Drummond dilansir dari Autocar.

Drummond menambahkan bahwa powertrain yang dibuat oleh pihaknya memberikan daya ketahanan yang mengesankan terlebih lagi untuk wilayah perkotaan.

"Ini mengubah Mini klasik yang ikonik menjadi mesin kota modern yang ideal dan sempurna untuk menjelajahi kota dengan bersih dan andal," tambah Drummond.

Paket listrik Electrogenic tersebut akan dijual pada musim gugur ini, yang ditawarkan dengan harga 15.000 poundsterling atau sekitar Rp278,2 jutaan.

Ini bukan pertama kalinya Electrogenic membuat paket konversi listrik pada kendaraan klasik. Perusahaan ini juga telah membuat paket tersebut pada mobil jadul lainnya, seperti Citroen DS, Land Rover Defender, dan Jaguar E-Type.