Arus Balik Lebaran, 350 Ribu Kendaraan Lintasi Arteri Cirebon
Kapolresta Cirebon Kombes Arif Budiman saat melakukan pengaturan lalu lintas di Cirebon, Jawa Barat, Rabu (26/4/2023). (ANTARA/Ho-Humas Polresta Cirebon)

Bagikan:

CIREBON - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon, Jawa Barat mencatat selama arus balik Lebaran 2023 hingga Rabu (26/4) terdapat 350 kendaraan melintas jalur arteri, dan diperkirakan akan terdapat puncak kedua.

"Sekarang arus balik yang sudah melintas di arteri Cirebon sudah tercatat sekitar 350 ribu kendaraan baik sepeda motor maupun mobil," kata Kapolresta Cirebon Kombes Arif Budiman dikutip ANTARA, Rabu, 26 April.

Arif mengatakan pada masa arus mudik kendaraan yang melintas di pos pengamatan yang berada di Losari, perbatasan Jawa Tengah, mencapai 740 ribu kendaraan.

Sementara untuk arus balik hingga Rabu (26/4) yang melintas di pos tersebut lanjut Arif, yaitu 350 ribu kendaraan. Arus balik gelombang kedua diperkirakan terjadi pada hari Minggu.

"Jumlah kendaraan melintas dari pospam Losari pada masa arus balik naik signifikan, dan diperkirakan akan terus naik," tuturnya.

Arif memprediksi puncak arus balik gelombang kedua akan terjadi pada akhir pekan ini, mengingat kendaraan yang melintas saat ini baru 60 persen dari jumlah kendaraan saat arus mudik.

Sementara, untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas, petugas kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas, dengan menerapkan sistem manual di setiap persimpangan yang dilintasi oleh para pemudik.

"Prediksi puncak arus balik kedua pada akhir pekan ini, sifatnya situasional tapi kalau kita lihat data kendaraan jalur arteri maupun tol jumlah kendaraan yang arus balik baru 50 hingga 60 persen, masih ada sisa sekitar 40 persen kendaraan," katanya.