Kapolres Pastikan Kondisi Ternate Kondusif Usai Bentrokan 2 Pemuda karena Miras
Foto via Antara

Bagikan:

JAKARTA - Kapolres Ternate AKBP Andik Purnomo Sigit memastikan situasi sudah kembali aman dan kondusif usai terjadi bentrok dua kelompok pemuda di Kelurahan Jambula dan Sasa pada Sabtu 22 April kemarin.

"Dengan adanya kesepakatan kedua belaj pihak yang ditandatangan oleh camat, lurah dari kedua kelurahan serta tokoh pemuda, tokoh agama dan tokoh adat untuk berdamai," kata Kapolres Ternate menanggapi bentrok antar-warga usai Idulfitri 1444 Hijriah di Ternate, Maluku Utara, Minggu 23 April dilansir Antara.

Kapolres mengatakan bentrok dua kelompok pemuda itu dipicu pengaruh minuman keras sehingga kedua kelompok saling serang dan melempar menggunakan batu serta botol.

Akibat bentrokan yang terjadi sekitar pukul 16.00 WIT atau usai salat Ashar, situasi perbatasan kedua kelurahan sempat memanas. Beruntung, anggota Polres Ternate dibantu anggota TNI dari Kodim 1501 Ternate yang dipimpin Dandim 1501 Ternate Kolonel Infanteri Jamet Nij tiba di lokasi kejadian dan membubarkan mereka

"Alhamdulillah kita bisa cepat atasi dengan dibantu dari anggota TNI sehingga kini situasi sudah kembali kondusif," ujarnya.

Kapolres menjelaskan saat terjadi bentrok tidak ada korban jiwa. Namun ada sejumlah warga yang luka-luka akibat terkena lembaran batu dan botol.

"Kini sudah aman setelah kedua belah pihak sepakat menandatangani surat perjanjian untuk berdamai dan tidak ada lagi namanya bentrok-bentrok," tegas Andik.

Dia menyatakan apabila surat perjanjian damai yang sudah ditandatangani itu ada yang pihak melanggar maka Polres Ternate akan menindak tegas sesuai hukum yang berlaku.

Kapolres menambahkan kedua pihak juga sepakat akan menggelar patroli di wilayahnya masing-masing untuk memberi pemahaman mengenai kamtibmas serta mengingatkan warganya agar menghindari minuman keras.

Oleh karena itu, Kapolres mengimbau kepada seluruh warga Kota Ternate untuk menjaga keamanan, apalagi saat ini umat Islam masih dalam suasana merayakan Idulfitri 1444 Hijriah.

Terkait