Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan partainya makin percaya diri memprioritaskan pembentukan Koalisi Besar, pasca Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi diusung sebagai capres 2024 oleh PDIP.

Menurut Ace, pencapresan Ganjar justru bisa mempercepat terbentuknya Koalisi Besar.

Diketahui, Koalisi Besar merupakan penggabungan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar-PAN-PPP dan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) bentukan Gerindra-PKB.

"Ya, penjajakan-nya kan sudah dimulai, jadi saya kira kalau dilihat dari dinamikanya, pasti Koalisi Besar ini akan terus secara intens melakukan komunikasi," ujar Ace dalam keterangannya, Sabtu 22 April.

Ace mengaku penetapan Ganjar sebagai capres PDIP membuat pembentukan konfigurasi politik makin jelas. Hal tersebut pun mempengaruhi keberadaan koalisi yang ada, termasuk wacana pembentukan Koalisi Besar.

"Ya, saya kira tentu harus disikapi dinamika ini, jadi seperti yang kita ketahui pengumumannya, PDIP ini kan lebih cepat daripada yang diperkirakan. Jadi, ini juga pasti akan mendorong semakin kuatnya adanya konfigurasi Pilpres 2024," tandas Ace.

Ace juga menegaskan bahwa wacana pembentukan Koalisi Besar tidak mengganggu soliditas KIB. Menurut dia, KIB hingga saat ini tetap solid dan makin intens berkomunikasi dengan KKIR untuk membentuk Koalisi Besar.

"KIB-nya sendiri kan Insyaallah solid seperti yang disampaikan Pak Ketum. Dan KIB dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya yang di situ ada Gerindra dan PKB juga terus menjalin komunikasi, jadi artinya penjajakan membuat Koalisi Besar ini akan semakin intens dilakukan. Apalagi saat ini, pdip sudah mengumumkan capresnya," pungkas Ace.

Sebelumnya, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan secara resmi Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP. Pengumuman ini dilakukan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat kemarin dan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Ketua DPP Puan Maharani dan Prananda Prabowo serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Megawati dalam kesempatan tersebut juga memerintahkan seluruh simpatisan anggota dan kader PDIP untuk bersatu memenangkan calon presiden pilihan partai, Ganjar Pranowo.