Jet Tempur Rusia Tak Sengaja Bom Kota Belgorod yang Berbatasan dengan Ukraina, 3 Terluka
Tangkapan layar Youtube @Guardian News

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah jet tempur Sukhoi-34 Rusia secara tidak sengaja membom kota Belgorod di Rusia, sekitar 40 km (25 mil) dari perbatasan dengan Ukraina. Bom tersebut meninggalkan kawah sepanjang 20 m (60 kaki) dan menyebabkan ledakan yang sangat besar. 

Gubernur daerah Vyacheslav Gladkov mengatakan, pihak berwenang telah memerintahkan evakuasi blok flat berlantai sembilan yang rusak sebagai tindakan pencegahan.

"Tiga orang terluka dan beberapa bangunan rusak," kata Vyacheslav Gladkov dikutip dari BBC, Jumat, 21 April.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan dampak ledakan, mengangkat sebuah kendaraan ke atap supermarket. Sedangkan kendaraan lalu lalang sepanjang Prospekt Vatutina, dekat dengan pusat kota.

Dalam sebuah pernyataan singkat, Kementerian Pertahanan Rusia mengakui bahwa salah satu pembom tempur Su-34 -nya secara tidak sengaja melepaskan persenjataan pesawat sekitar pukul 22:15 waktu setempat (19:15 GMT).

Bom itu mendarat di persimpangan dua jalan tidak jauh dari pusat kota dan di samping bangunan tempat tinggal. 

Vyacheslav Gladkov melanjutkan, dua wanita dilarikan ke rumah sakit. "Alhamdulillah tidak ada yang terbunuh," katanya di media sosial.

Rekaman CCTV dari kejadian tersebut menunjukkan bahwa penduduk setempat memang beruntung bisa melarikan diri. Video tersebut memperlihatkan serangkaian mobil melewati persimpangan jalan, sebelum sebuah benda mendarat di tanah di dekatnya.

Tidak ada ledakan langsung. Persenjataan tersebut meledak kira-kira 18 detik kemudian, meledakkan sebagian jalan, mengangkat salah satu mobil saat melintas dan membuat sebuah mobil yang diparkir terbang ke udara sebelum mendarat di atap supermarket.

Meskipun memalukan bagi militer Rusia, pengakuan 'kecelakaan menunjukkan bahwa pejabat di sini tidak percaya insiden itu akan berdampak negatif pada opini publik Rusia tentang apa yang masih disebut Kremlin sebagai "operasi militer khusus".

Pada Oktober lalu, sebuah jet tempur Sukhoi-sekali lagi, sebuah Su- 34-jatuh di kota Yeysk, Rusia dan menewaskan sedikitnya 13 orang.

Militer mengatakan telah meluncurkan penyelidikan atas insiden tersebut. Mengutip seorang mantan pilot militer, situs berita pro-pemerintah Moskovsky Komsomolets menyarankan "kesimpulan [penyelidikan] tidak mungkin dipublikasikan, tetapi pelajaran akan dipetik".

Pada pagi hari para pekerja pemeliharaan telah memulai pekerjaan memperbaiki persimpangan yang sibuk di Belgorod. Wali Kota mengatakan sebagian besar pekerjaan akan dilakukan pada akhir pekan dan jalan akan dibuka kembali pada hari Senin.

Gubernur daerah mengatakan penduduk Belgorod telah mengalami malam yang sulit tetapi akan melewatinya.

Jet Rusia secara teratur terbang di atas Belgorod, sebuah kota berpenduduk 370.000, dalam perjalanan ke Ukraina.

Itu terletak tepat di utara kota kedua Ukraina, Kharkiv, dan telah diserang secara berkala oleh Ukraina sejak invasi Rusia skala penuh ke Ukraina tahun lalu.